Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat IV Heri Gunawan menyampaikan apresiasi terhadap Menteri Perdagangan Rachmat Gobel yang memimpin panen raya di Selabintana, Sukabumi.

"Ini suatu langkah terobosan yang baik dan positif dan seharus dilakukan sejak dulu oleh Menteri Perdagangan," kata Heri di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Dalam UU Perdagangan No 7 Tahun 2014, diamanatkan Pemerintah mengatur kegiatan perdagangan antarpulau tujuannya agar untuk integrasi pasar dalam negeri, menjaga keseimbangan daerah yang surplus dan daerah minus, serta memperkecil disparitas harga antar daerah.

"Jadi kalau bisa dilakukan perdagangan dengan cost yang lebih efisien maka harga di daerah yang selama ini tinggi akan bisa ditekan tanpa merugikan petani," katanya.

Ia berharap langkah pemerintah ini bisa diteruskan dan berkesinambung, "Langkah ini tidak boleh berhenti di pilot project saja namun harus berkelanjutan unrukk daerah-daerah lainnya juga dan komoditi yang lebih luas," kata Heri yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015