Budapest, Hungaria (ANTARA News) - Budapest akan mengusulkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2024 dan Paralympic Games 2024, demikian presiden Komite Olimpiade Hungaria yang juga Walikota Budapest mengumumkan lewat surat bersama kepada presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Hungaria, negara Eropa tengah berpendukuk 10 juta jiwa itu selama ini belum pernah menjadi tuan rumah Olimpiade, dan Budapest akan bersaing dengan Roma, Boston, Hamburg dan Paris.

"Kami secara resmi mengumumkan bahwa secara keputusan mutlak dari sidang umum di Budapest bersama Komite Olimpiade Hungaria, dan didukung sidang nasional Hungaria dan pemerintah Hungaria, Budapest mengajukan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas XXXIII dan Paralympic Games 2024," isi surat tertanggal 7 Juli itu.

Hungaria yakin negaranya akan berpeluang memenangi persaingan menjadi tuan rumah Olimpiade tersebut menyusul negara Eropa tengah itu menjadi satu-satunya dari 10 negara Eropa yang belum pernah menjadi tuan rumah pesta olah raga tingkat dunia itu.

Pada Olimpiade musim panas dan dingin lalu telah meraih 168 medali emas, 148 perak dan 170 perunggu, dan cabang andalan mereka adalah renang, anggar dan polo air.

Budapest juga akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Akuatik 2017 setelah kota Guadalajara, Meksiko menarik diri menjadi tuan rumah karena masalah keuangan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015