Jakarta (ANTARA News) - F5 Networks mengumumkan fokus perusahaan untuk industri telekomunikasi yang akan dipamerkan di ajang Mobile World Congress Shanghai (MWC Shanghai), di Republik Rakyat Tiongkok, dari tanggal 15 Juli hingga 17 Juli 2015.

Dalam perhelatan tersebut, F5 akan mendemonstrasikan solusi-solusi yang memungkinkan operator untuk memiliki jaringan yang lebih skalabel, konektivitas yang lebih aman, kemampuan dalam mengoptimalkan pengiriman layanan, serta layanan yang lebih menguntungkan.

"Kami membantu operator untuk menjawab berbagai tantangan yang muncul akibat dari kompleksitas jaringan, yang disebabkan oleh pemanfaatan beragam teknologi dan berasal dari vendor yang beragam pula," kata Mallik Tatipamula, VP, Service Provider and Cloud Solutions, F5 dalam keterangan persnya, Kamis.

Memiliki kemampuan dalam mengelola serta mengamankan Internet of Things (IoT) menjadi semakin penting bagi operator. Menurut Mallik, operator telekomunikasi harus mampu menyesuaikan jaringan mereka guna menangani pesatnya peningkatan trafik data dan trafik corresponding signaling.

Sejalan dengan itu, operator juga dinilai harus tetap mengamankan konektivitas dalam jaringan mereka, dan mampu memonetisasi jaringan dengan menemukan model bisnis serta layanan baru.

"Selain membantu operator mengatasi masalah kompleksitas jaringan, F5 juga membantu mereka untuk menjaga tingkat kualitas pengalaman pengguna  (QoE) melalui solusi-solusi NFV carrier-grade, yang menyediakan arsitektur end-to-end  untuk pengiriman aplikasi," ujar Mallik.

Solusi-solusi yang ditawarkan F5 mencakup intelligent traffic management, Diameter dan signaling traffic management, keamanan multi-layer, serta Network Functions Virtualization (NFV), guna menyediakan kontrol yang lebih aman, dinamis, dan ketat operator bagi operator dalam mengelola jaringan mereka.

Solusi tersebut memungkinkan operator untuk membuat jaringan beroperasi secara lebih efektif, memastikan bahwa layanan jaringan telah dioptimalkan dan kualitas pengalaman pelanggan / Quality of Experience (QoE) telah ditingkatkan, seraya memonetisasi jaringan dengan menghadirkan berbagai layanan baru.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015