... sangat mengagumi dia, menghargai persahabatan, dan menghargai nasihat dia yang bijaksana. Warisannya sebagai negarawan dan diplomat tidak akan dilupakan...
Washington (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, memberikan penghormatan kepada almarhum Pangeran Saud al-Faisal dari Kerajaan Arab Saudi, dengan mengatakan bahwa ia meninggalkan warisan, yang akan tetap hidup.

Pangeran Saud adalah salah satu anggota penguasa tertinggi di Arab Saudi, yang pernah menjabat menteri luar negeri terlama di dunia. Ia meninggal pada Kamis.

Selama empat dasawarsa, ia mengalami berbagai gejolak diplomasi di negara kaya minyak itu.

"Ia pria dengan pengalaman luas, pribadi hangat, mempunyai martabat dan wawasan tajam dalam melayani negaranya dengan setia dan baik," kata Kerry dalam pernyataan.

Menurut Kerry, dalam masa jabatannya yang panjang dan telah bekerja sama dengan 13 menteri luar negeri AS, menandakan cara pandangnya yang univeral.

"Saya pribadi sangat mengagumi dia, menghargai persahabatan, dan menghargai nasihat dia yang bijaksana. Warisannya sebagai negarawan dan diplomat tidak akan dilupakan," kata Kerry.

Pernyataan dari Istana Kerajaan Arab Saudi menyatakan, Pangeran Saud yang lahir pada 1940, meninggal di Amerika Serikat.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015