Jakarta (ANTARA News) - Surabaya merupakan kota yang paling banyak menjadi tujuan para penumpang hingga H-6 Lebaran di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Tujuan Surabaya paling banyak. Ada tujuh flight ke Surabaya dalam sehari. Lima flight sudah terjadwal, dua extraflight," kata Koordinator Posko Bandara Halim Perdanakusuma Rudi Iman Nurjaya saat ditemui Antara, Sabtu.

Menurut dia, sejak Jumat (10/7), sudah 14 kali penerbangan Jakarta-Surabaya pulang pergi per harinya.

"Sejak 10 Juli, ada 14 flight dari dan ke Surabaya, tujuh keberangkatan dan tujuh kedatangan," katanya.

Adapun tujuan Yogyakarta dan Palembang berada di urutan kedua tujuan penerbangan dengan masing-masing delapan penerbangan (p.p.) per harinya.

Pada hari Kamis (9/7) atau H-8, tercatat total keberangkatan 4.654 penumpang dengan 34 penerbangan (28 penerbangan terjadwal dan 6 penerbangan tidak terjadwal).

Sementara itu, total kedatangan sebanyak 3.569 penumpang dengan 35 penerbangan (28 penerbangan terjadwal dan tujuh penerbangan tidak terjadwal).

Pada hari Jumat (10/7) atau H-7 tercatat jumlah total keberangkatan 5.245 penumpang dengan 49 penerbangan (28 penerbangan terjadwal, 15 penerbangan tidak terjadwal, dan enam penerbangan tambahan). Jumlah penumpang kedatangan, yakni 4.438 penumpang dengan 45 penerbangan (28 penerbangan terjadwal, 11 penerbangan tidak terjadwal, dan enam penerbangan tambahan).

Data sementara pada hari Sabtu atau H-6 Lebaran hingga pukul 17.00 WIB, tercatat total penumpang keberangkatan 4.077 orang dengan 35 penerbangan yang terdiri atas 23 penerbangan terjadwal, tujuh penerbangan tidak terjadwal, dan lima penerbangan ekstra.

Data sementara jumlah penumpang kedatangan pada hari Sabtu hingga pukul 17.00 WIB, yakni 2.733 penumpang dengan 30 penerbangan (26 penerbangan terjadwal, empat penerbangan tak terjadwal, lima penerbangan ekstra).

Ia menambahkan bahwa sejak H-7 penerbangan tambahan diadakan oleh Maskapai penerbangan Citilink. Maskapai tersebut membuka enam penerbangan tambahan setiap harinya.

"Yang extra flight hanya Citilink saja, yakni dua penerbangan ke Surabaya, satu penerbangan ke Solo, satu penerbangan ke Malang, dan dua penerbangan ke Medan," ujarnya.

Pewarta: Anita P Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015