Athena (ANTARA News) - Pengawasan modal yang dikenakan terhadap bank-bank Yunani akan tepat diberlakukan paling tidak untuk dua bulan ke depan, kata Menteri Keuangan George Stathakis, Sabtu waktu setempat, di tengah bertemunya para menteri keuangan zona euro di Brussels untuk merundingkan permohonan bailout baru Yunani.

Stathakis berkata kepada Mega TV Yunani bahwa bank-bank akan membuka lagi operasinya pekan depan, jika kesepakatan dengan kreditor dicapai akhir pekan ini, namun pembatasan lain untuk penarikkan uang dan ekspor mata uang akan tetap dipertahankan.

"Itu akan tetap berlaku untuk dua bulan atau lebih ke depan," kata dia seperti dikutip AFP.

Pada hari yang sama, George Stathakis mengkritik rekan-rekan separtainya di Syriza, termasuk para menteri, dengan menyarankan mereka semestinya keluar dari partai jika tidak setuju pada kebijakan pemerintah dalam reformasi bailout.

Sabtu pagi waktu Yunani, sepuluh anggota parlemen dari Syriza menyatakan abstain dan menolak peta jalan reformasi pemerintah Yunani yang sudah dirundingkan dengan para kreditor internasional.

"Jika seorang wakil rakyat dari sebuah partai kiri tidak setuju dengan kebijakan pemerintah, mereka semestinya mengikuti aturan dan jika mereka menolak kuat maka tinggalkanlah kursi mereka," kata Stathakis.

Menteri Energi Panagiotis Lafazanis adalah salah seorang menteri dari partai Syriza yang tidak menyetujui pasal-pasal yang juga didukung partai-partai oposisi dukung Uni Eropa.

"Jika saja jadi dia, saya akan mengundurkan diri," kata Stathakis seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015