Washington (ANTARA News) - Boko Haram, Sabtu, mengaku bertanggung jawab atas serangan di ibukota Chad, NDjamena, dan Kota Maiduguri, Nigeria, kata Kelompok Intelijen SITE.

Kelompok pemantau yang berbasis di AS itu mengatakan klaim itu, yang dibuat di Twitter, ditandatangani oleh "Negara Islam, Provinsi Afrika Barat", bagaimana Boko Haram menyebut dirinya sejak berjanji setia kepada kelompok Negara Islam pada Maret.

"Provinsi Afrika Barat (sebelumnya Boko Haram) dari #ISIS mengklaim bom bunuh diri hari ini di Chad dan Nigeria," kata SITE di Twitter.

Sebuah pernyataan yang mengutip pesan Twitter Boko Haram mengidentifikasi penyerang dan mengatakan mereka telah "menyerang benteng kekafiran di Afrika Barat."

Setidaknya 15 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di sebuah pasar yang ramai di NDjamena, Sabtu. Boko Haram sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas serangan 15 Juni di kota itu yang menewaskan 38 orang.

Di Maiduguri, dua orang tewas ketika dua pembom bunuh diri mencoba untuk menyasar terminal bus yang sibuk. Pengamanan ketat mencegah penyerang memasuki terminal.

Laporan menunjukkan dua korban adalah pejalan kaki, demikian AFP melaporkan.

(SYS/G003/A016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015