Berlin (ANTARA News) - Bayern mengumumkan pada Sabtu bahwa mereka telah menyetujui besaran nilai transfer dengan United untuk gelandang bertahan Bastian Schweinsteiger (30), yang akan meninggalkan klub Jerman itu setelah berkarier di sana selama 17 tahun untuk menandatangani kontrak tiga tahun dengan klub Inggris.

"Kepada para penggemar, setelah 17 tahun luar biasa di FC Bayern, 15 gelar nasional, memenangi treble bersejarah dan beberapa pencapaian besar lainnya, saya memutuskan untuk mengambil langkah baru dalam karier," tulis Schweinsteiger dalam halaman Facebooknya.

"Keputusan ini sangat sulit untuk diambil karena Anda dan FC Bayern telah, dan akan selalu menjadi bagian sangat penting dalam hidup saya."

"Oleh karena itu, saya akan kembali mencari pengalaman di klub baru dan tujuan saya adalah Manchester United."

"Saya berharap Anda memahami keputusan saya. Tidak seorang pun dapat merebut perjalanan indah yang kita lalui bersama."

Ia akan menjadi pemain Jerman pertama yang bermain untuk United.

Menurut media Jerman dan Inggris, United akan membayar kepada Bayern sekitar 14 juta pound, dan akan membuat Schweinteiger kembali bekerja di bawah mantan pelatih Bayern dan arsitek tim Manchester United saat ini Louis van Gaal.

Raksasa Inggris itu dilaporkan bertekad menyelesaikan kesepakatan selekas mungkin, sehingga Schweisteiger dapat bergabung ketika mereka terbang untuk melakukan tur di Amerika Utama dan ia akan menjalani pemeriksaan medis pada Minggu.

Sementara itu Bayern terlihat memikirkan kehidupan baru mereka tanpa gelandang bertipe dinamo itu.

"Kami hanya dapat menghormati dan menerima keputusan dia (Schweinsteiger). Ia mencari tantangan baru, namun bagi saya, sangat menyedihkan melihat ia pergi, itu saja yang dapat saya katakan," kata kapten Bayern Lahm.

Setelah melakukan 535 penampilan untuk Bayern sejak debutnya pada 2002 sebagai pemain 18 tahun, Schweinsteiger telah memenangi semua gelar yang dapat dimenangi di Jerman.

Wakil kapten Bayern itu melengkapi medali juara Liga Jerman pada musim lalu dan telah mengangkat Piala Jerman dalam tujuh kesempatan.

Ia merupakan sosok kunci pada tim yang berhasil meraih treble pada 2013, yakni menjuarai Liga Champions, Liga Jerman, dan Piala Jerman dalam semusim.

Meski ditinggal Schweinsteiger, Bayern masih memiliki lini tengah tangguh dengan kehadiran bintang-bintang Spanyol seperti Xabi Alonso, Thiago Alcantara, dan Javi Martinez untuk mengisi posisi gelandang tengah.

Mereka juga telah merekrut pemain sayap asal Brazil Douglas Costa dan gelandang Jerman U-19 Joshua Kimmich untuk musim depan.

(Uu.SYS/C/H-RF/A/A020)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015