Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), menjelang pernyataan resmi Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen di hadapan anggota Kongres pada Rabu waktu setempat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 1,9 dolar AS atau 0,16 persen, menjadi menetap di 1.153,50 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Emas berada di bawah tekanan karena Ketua Federal Reserve atau bank sentral AS Janet Yellen siap untuk memberikan pernyataan resmi atau testimoni di depan komite kongres Amerika pada Rabu mengenai suku bunga.

Para analis awalnya memperkirakan suku bunga akan naik pada Juni, namun karena data ketenagakerjaan yang lebih lemah dari perkiraan, harapannya didorong kembali ke September.

Yellen mengatakan pada Jumat lalu bahwa AS berada di jalur untuk kenaikan suku bunga tahun ini. Ketika suku bunga AS naik, permintaan untuk logam mulia melemah karena tidak mengenakan suku bunga.

Emas memperoleh beberapa dukungan, mencegahnya dari penurunan lebih jauh ketika laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan penjualan ritel datang lebih buruk dari yang diharapkan.

Angka inti menunjukkan negatif 0,3 persen, dengan analis menghubungkannya denga banyak penurunan pada penjualan mobil.

Perak untuk pengiriman September turun 14,2 sen, atau 0,92 persen, menjadi ditutup pada 15,315 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan 7,6 dolar AS, atau 0,73 persen, menjadi ditutup pada 1.028,40 dolar AS per ounce.

(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015