Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) yang akan berangkat mengikuti Special Olympics World Summer Games (SOWSG) XIV di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, dalam keterangan pers di Jakarta menjelaskan, saat melepas atlet di halaman tengah Istana Presiden Jakarta, Presiden Jokowi menyampaikan sangat menghargai capaian atlet-atlet yang berlaga di Special Olympics.

Special Olympics adalah sebuah gerakan global yang memberdayakan Tuna Grahita (disabilitas intelektual) melalui pelatihan dan kompetisi olahraga dan telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) sebagai satu-satunya organisasi olimpiade khusus.

Presiden Jokowi mendukung penuh inisiatif SOIna untuk memberdayakan warga Tuna Grahita. Menurut Presiden, disabilitas bukanlah halangan untuk maju dan berprestasi, apalagi mencapai tingkat dunia.

Puncak kompetisi Special Olympics adalah Special Olympics World Games yang dilaksanakan tiap empat tahun sekali yang terdiri dari olimpiade musim panas (summer games/SOWSG) dan musim dingin (winter games/SOWWG).

Kontingen SOIna akan berangkat 21 Juli 2015 dan kembali pada 4 Agustus 2015.

SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tuna Grahita di Indonesia dengan kemampuan intelektual (IQ) di bawah 70-75.

Indonesia bergabung menjadi anggota Special Olimpics ke-79 pada Agustus 1989.

Pada olimpiade kali ini SOIna mengirim kontingen sebanyak 41 atlet, 13 pelatih, dan enam ofisial yang akan ambil bagian dalam tujuh cabang olah raga, yaitu bulu tangkis, sepak bola, renang, atletik, melempar bola khusus tuna grahita (bocce), basket dan tenis meja.

Sepanjang sejarah dilaksanakannya Special Olimpics World Games, Indonesia telah mengikuti lima kali SOWSG dan dua kali SOWWG dengan prestasi membanggakan.

Dalam SOWSG 2011 yang dilaksanakan di Athena Yunani, Indonesia berhasil membawa pulang 15 medali emas, 13 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Para atlet yang akan berlaga di SOWSG 2015 disiapkan dengan matang selama sebulan penuh mulai 1 Juni hingga 20 Juli mendatang di kampus B Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pewarta: Oleh Panca Hari Prabowo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015