Kejadiannya di dekat gerbang tol Jatiwaringin, Pondokgede sekira pukul 23.00 WIB."
Bekasi (ANTARA News) - Sebanyak 46 penumpang bus mudik tujuan Wonosobo, Jawa Tengah, selamat dari insiden kecelakaan setelah kendaraan mereka terbakar di tol Jakarta-Cikampek KM 3.800 Jatiwaringin, Kota Bekasi, Rabu malam.

"Kejadiannya di dekat gerbang tol Jatiwaringin, Pondokgede sekira pukul 23.00 WIB," kata supir bus Basirun di Bekasi, Kamis.

Meski seluruh penumpangnya selamat, kata dia, namun sebagian barang bawaan penumpang ludes terbakar.

Api yang menyulut seluruh badan kendaraan diduga akibat korsleting pada bagian mesin belakang bus yang merambat ke bagian depan.

Berdasarkan pantauan melalui rekaman video amatir milik salah satu penumpang, bus bernomor polisi H 1672 BG itu sempat mengeluarkan asap dari bagian belakang kendaraan.

Bus tersebut bertolak dari Jakarta Utara menuju Wonosobo melalui Tol Jakarta-Cikampek.

"Tapi pas sampai di Jatiwaringin, ada pengendara lain yang memberitahu saya kalau bagian mesin belakang mengeluarkan asap," katanya.

Saat mendapat pemberitahuan tersebut, Basirun langsung menepikan kendaraannya di tepi tol dan segera mengevakuasi seluruh penumpang.

Tidak lama kemudian, kepulan asap di bagian belakang langsung mengeluarkan api.

"Ada barang-barang penumpang di bagasi yang ikut terbakar," katanya.

Salah satu penumpang bus, Lutfi (30) mengaku terpaksa membatalkan pemberangkatannya karena seluruh barang bawaan ikut terbakar.

"Saya berangkat sama orang tua. Tas isi baju dan oleh-oleh untuk orang di kampung terbakar semuanya," katanya.

Insiden tersebut saat ini tengah diselidiki oleh kepolisian setempat, sementara kendaraan yang terbakar selama dua jam dievakuasi Patroli Jalan Raya (PJR).

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015