Serang (ANTARA News) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno dijadwalkan melaksanakan shalat Idul Fitri di alun-alun Kota Serang pada Jumat (17/7).

Kepala Bagian (Kabag) Keagamaan Biro Kesra Provinsi Banten Yusuf Soufi di Serang, Kamis, mengatakan setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriyah jatuh pada Jumat (17/7), maka seluruh umat Islam akan melaksanakan sholat Idul Fitri Jumat besok, termasuk di Banten.

"Pak Plt Gubernur akan shalat Idul Fitri bersama masyarakat Kota Serang di alun-alun Barat Kota Serang besok pagi ," kata Yusuf Soufi.

Ia mengatakan, pelaksanaan shalat sunat Idul Fitri 1436 Hijriyah di Kota Serang akan diikuti para pejabat Provinsi Banten serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Banten. Bertindak selaku Khotib Prof Dr KH B Safuri dan Imam KH Yusuf Masud.

Usai shalat sunat Idul Fitri, Plt Gubernur Banten Rano Karno akan mengadakan open house di pendopo lama gubernur Banten JL Brigjen KH Syamun Kota Serang.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemerintah Provinsi Banten Deden Apriandhi mengatakan Plt Gubernur Banten Rano Karno dipastikan akan merayakan hari pertama Idul Fitri di Kota Serang.

"Pak Plt Gubernur akan melakukan shalat Ied di Alun-alun Barat Serang beserta masyarakat," kata Deden.

Selain bersama masyarakat, kata Deden, Plt Gubernur Banten juga akan melangsungkan shalat Idul Fitri bersama unsur pimpinan dan SKPD di lingkungan Pemprov Banten, pimpinan daerah dan beberapa lembaga lainnya.

"Biasanya Kapolda dan dan Kajati juga ikut shalat Ied bersama," katanya.

Setelah melakukan shalat Ied, lanjut Deden, Plt Gubernur akan menggelar open house atau silaturahmi di Pendopo Gubernur lama. Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur mengundang siapa pun masyarakat untuk datang dan bersilaturahmi.

"Tidak ada batasan undangan untuk agenda open house ini, masyarakat atau siapapun boleh datang," katanya.

Menurut Deden, agenda tersebut merupakan agenda rutin tahunan pimpinan daerah guna membangun dan mempererat silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

"Hari raya Idul Fitri ini kan momentum yang sangat tepat membangun silaturaim dengan siapapun," kata Deden.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015