... di sana tidak ada gema suara bedug yang biasa dibunyikan untuk mengiringi jemaah membacakan takbir...
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak ratusan jemaah Islamic Center Jakarta melakukan takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1436 dengan cara sederhana. Jemaah Islamic Center di Jakarta Utara ini duduk sambil membacakan takbir sementara beberapa jemaah lainnya membaca Alquran.

Sejumlah anak berusia sekolah dasar pun duduk di sisi orangtuanya yang membaca Alquran sementara sebagian lainnya berkeliling ruang shalat sambil melihat-lihat bedug dan Alquran berukuran besar di sudut ruangan.  

Malam ini, di sana tidak ada gema suara bedug yang biasa dibunyikan untuk mengiringi jemaah membacakan takbir.

Takbiran sederhana ini pun disambut masyarakat sebagai bentuk perayaan yang sederhana menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1436 yang akan jatuh pada Jumat besok.

"Takbiran tidak perlu ramai-ramai konvoi sepeda motor di jalan. Takbiran juga bisa sederhana yang penting merayakan hari kemenangan," kata Suryadi warga Tanjung Priok Jakarta Utara yang membawa serta putrinya berusia 4 tahun untuk takbiran.  

Selain itu, sejumlah keluarga dari luar Jakarta juga menyempatkan diri takbiran di Islamic Center Jakarta untuk merasakan pengamalam ibadah yang berbeda.  

"Saya sudah beberapa kali di Islamic Center Bekasi, saya mau coba di Jakarta sekalian shalat Ied di sini bersama ibu saya," kata Rohman warga Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Pengamatan www.antaranews.com, situasi di sekitar Islamic Center pun ramai dengan banyaknya keluarga yang mengunjungi tempat ini namun tidak ikut masuk ke dalamnya. 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015