Alhamdulillah pada hari Lebaran ini Bandara Surabaya dibuka kembali."
Jakarta (ANTARA News) - Manajemen maskapai Citilink Indonesia memutuskan armadanya untuk terbang kembali secara normal ke Surabaya dan Malang, Jawa Timur, pada siang hari di hari pertama Lebaran atau Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Alhamdulillah pada hari Lebaran ini Bandara Surabaya dibuka kembali. Penerbangan Citilink dari dan menuju Surabaya pada siang hari bisa segera dilakukan," demikian keterangan pers Direktur Operasional Citilink Indonesia. Hadinoto Soedigno. Jumat.

Ia menimpali, "Terima kasih atas pengertian dan kerjasama yang kondusif kepada para pelanggan atas kejadian ini."

Hal tersebut menyusul keluarnya pemberitahuan (NOTAM) terbaru Nomor 1454/15 dari otoritas bandara setempat, Jumat pagi, yang menyatakan erupsi Gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur mereda sehingga bandara dapat dibuka kembali untuk penerbangan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dan otoritas bandara setempat juga menyatakan, intensitas erupsi Gunung Raung mulai mereda sejak Jumat pagi sampai pukul 11.00 WIB, dan asapnya dinilai tidak mengganggu penerbangan.

Seluruh penerbangan Citilink dari dan menuju Surabaya yang beroperasi pada Jumat sejak pukul 11.35 dapat normal kembali.

Sedikit-dikitnya sebelas penerbangan diberangkatkan dari Jakarta ke Surabaya, yaitu tujuh penerbangan berasal dari Soekarno-Hatta Cengkareng dan empat penerbangan berasal dari Halim Perdanakusuma.

Citilink membuka nomor telepon layanan pengguna jasanya melalui 0804-1-080808.

Adapun rute-rute penerbangan lainnya yang akan kembali berlangsung normal pada Jumat siang adalah Surabaya-Batam, Surabaya-Palembang, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Lombok, Surabaya-Makassar, Surabaya-Pekanbaru, Surabaya-Balikpapan, dan Surabaya-Banjarmasin.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015