Athena (ANTARA News) - Petugas pemadam Yunani berjuang memadamkan sebanyak 52 titik kebakaran hutan di seluruh Yunani pada Jumat (17/7), termasuk banyak wilayah di pinggiran Yunani Timur di musim panas tahun ini.

Seorang pria yang berumur 58 tahun meninggal akibat serangan jantung setelah mengalami gangguan pernafasan gara-gara asap dari kebakaran di Neapolis di bagian selatan Semenanjung Peloponnese, 360 kilometer di sebelah selatan Athena.

Sementara itu, sedikitnya tiga lusin rumah telah musnah terbakar atau mengalami kerusakan akibat kobaran api di seluruh negeri tersebut, kata Regu Pemadam Yunani.

Korban tersebut adalah pria Yunani yang tinggal di Belgia dan telah kembali ke Yunani untuk berlibur, kata beberapa sumber polisi, sebagaimana dikutip dari Xinhua, Sabtu.

Lelaki itu meninggal di pusat perawatan kesehatan Neapolis, yang dikosongkan beberapa jam setelah api makin dekat.

Kebakaran tersebut terjadi di satu daerah gunung di dekat beberapa tiang listrik sebelum fajar, dan menurut keterangan awal, tiga desa serta dua kamp musim panas telah dikosongkan sebagai pencegahan. Sebanyak 200 orang diungsikan dari satu pantai dengan menggunakan perahu.

Sedikitnya 35 rumah telah hancur di daerah itu, setelah si jago merah membakar pohon zaitun, kendati petugas pemadam berusaha keras untuk menjauhkan api dari daerah permukiman, demikian laporan media lokal, yang mengutip beberapa pejabat.

Akibat angin keras yang menghambat upaya pemadaman, pesawat pembom air jenis Canadair melakukan pendaratan paksa di pinggiran Neapolis. Awaknya, yang terdiri atas dua orang --satu pilot, selama dengan hanya menderita luka ringan.

Akibat kebakaran di Neapolis dan beberapa desa di dekatnya itu, Wilayah Lakonia yang lebih luas dan Pulau Kythira di lepas Pantai Peloponnese menghadapi kekurangan listrik serta gangguan komunikasi telepon.

Semenara itu, puluh petugas pemadam yang dibantu oleh helikopter yang menjatuhkan air juga berjuang melawan kobaran api di pinggira Athena yang meliputi Kareas, Vyronas, Iliopipoli dan Argyroupoli.

Seorang petugas pemadam telah dibawa ke rumah sakit karena kesulitan bernafas dari Koreas, kata Regu Pemadam, sedangkan satu rumah dan satu restoran telah rusak.

Sebagai pencegahan, satu kuil dan satu tempat penampungan anak-anak telah dikosongkan, saat si jago merah mendekati daerah permukiman di kaki Gunung Imittos.

Menurut saksi mata, api mulai berkobar di satu daerah dataran rendah pertanian sayur di sebelah pemakaman di kabupaten itu dan dengan cepat menyebar akibat angin kencang.

Juru Bicara Regu Pemadam Yunani Nikos Tsogas mengatakan para penyelidik sudah melancarkan penyelidikan mengenai penyebab masing-masing dari ke-52 kebakaran, yang telah merajalela di seluruh negeri tersebut pada Jumat.

Pejabat Yunani tersebut juga mengatakan pemerintah meminta bantuan dari mekanisme perlindungan sipil Eropa, untuk meminta bantuan berupa pesawat untuk menjatuhkan air.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015