Yogyakarta (ANTARA News) - Pengelola Kebun binatang Gembira Loka di Kota Yogyakarta membuka pintu barat (B) di Jalan Veteran, Warungboto, Umbulharjo, selama liburan Lebaran yakni dari 17 Juli hingga 26 Agustus 2015.

Manajer Pemasaran Gembira Loka Josep Kurniawan di Yogyakarta, Sabtu, mengatakan pintu barat dibuka untuk menampung lonjakan pengunjung selama liburan Lebaran.

"Kami membuka pintu barat di Jalan Veteran untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di pintu timur, pintu utamanya," kata Josep.

Josep menuturkan pintu barat baru selesai dibangun sebelum Lebaran dan baru pertama dibuka pada Lebaran ini. Ke depan pintu barat hanya dibuka setiap akhir minghu dan saat liburan.

Pembukaan pintu barat, ia menuturkan tidak ada sosialisasi dan arahan khusus kepada pengunjung. Pihaknya hanya memasang rambu-rambu penunjuk lokasi pintu masuk barat.

"Ada rambu-rambu pengarah di perempatan SGM, Warung Boto dan Gambiran. Tidak ada sosialiasi terbuka karena konsepnya bukan mengalihkan parkir, tetapi hanya menampung luberan," kata dia.

Sementara itu, satu-satunya akses pintu timur, ujar dia, membuat lahan parkir kendaraan wisatawan menumpuk di satu titik dan menimbulkan kemacetan. Untuk itu, pintu di sisi barat menyediakan lahan parkir sekitar 1.000 meter persegi.

Untuk menambah lahan parkir, pihaknya juga merelokasi beberapa pedagang di parkir timur.

"Kami juga merelokasi pedagang parkir pintu timur yang di blok e dijadikan satu dengab blok d. Bekas blok e itu untuk parkir," tutur dia.

Pengelola Gembira Loka, kata dia, juga menambah fasilitas food court di parkir pintu timur untuk pengunjung.

Selama liburan Lebaran, Gembira Loka buka lebih awal, yakni pukul 07.00 WIB dari biasanya pukul 07.30 WIB dan tutup seperti hari biasanya, yakni pukul 17.30 WIB.

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015