... tertib, sabar di antrean, siapkan fisik pengendara dan kesiapan kendaraan...
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 15 gardu atau loket pembayaran di jalan tol Cikopo-Palimanan atau Cipali dibuka untuk memfasilitasi pemudik yang akan kembali ke wilayah Jabodetabek dari kampung halaman masing-masing.




"Kami maksimalkan gardu untuk masyarakat yang dari arah timur, ada 15 gardu terbuka ke arah barat," ujar Kanit Polisi Jalan Raya Tol Cipali Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat, AKP Mohammad Taufik, saat dihubungi, di Jakarta, Minggu.




Di hari ketiga Lebaran ini, kata dia, arus balik terpantau lancar terkendali meskipun volume kendaraan lebih banyak dari hari sebelumnya. "Tapi belum signifikan," tuturnya.




Pertambahan volume kendaraan tersebut didominasi kendaraan pribadi pemudik yang sebagian besar sudah harus mulai beraktivitas atau bekerja kembali pada Senin (20/7).




Sebagian pemudik juga memilih kembali lebih awal karena tidak ingin terjebak macet pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada Kamis (23/7) hingga Minggu (26/7).




Taufik mengatakan Polda Jawa Barat juga telah menyiapkan 24 mobil patroli untuk mengecek arus lalu-lintas terutama di jalur mudik dan balik.




"Setiap mobil patroli akan menangani area per 10 kilometer untuk memastikan kelancaran lalu lintas atau mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.




Ia juga mengimbau masyarakat agar mempersiapkan segala sesuatu sebelum mudik dan balik.




"Tetap tertib, sabar di antrean, siapkan fisik pengendara dan kesiapan kendaraan. Jangan lupa siapkan uang pas untuk memperlancar proses transanksi di gardu supaya antreannya tidak terlalu panjang," katanya. 




"Bila masyarakat ingin berhenti, manfaatkan tempat beristirahat dari mulai ujung timur sampai ujung barat," ujarnya. 

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015