Kami optimistis penyeberangan pada arus balik berjalan normal dan arus lalu lintas berjalan lancar."
Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Banten, mengoperasikan 27 kapal roll on roll off (Ro-Ro) untuk melayani arus balik Lebaran 2015.

"Kami mengoperasikan 27 kapal Ro-Ro untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik," kata Hubungan Masyarakat (Humas) PT ASDP Merak, Mario Sardadi Oetomo, di Merak, Minggu.

Selama ini, ia mengemukakan, penyeberangan dari Merak ke Bakauheni, Lampung, berjalan lancar tanpa hambatan karena kesiapan fasilitas dan cuaca di perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal.

Saat ini, menurut dia, belum terlihat lonjakan arus balik dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, dan kemungkinan kepadatan penumpang berlangsung pada lima hari setelah (H+5) atau Selasa (22/7).

Penghitungan puncak arus balik tersebut, menurut dia, berkaitan dengan masa libur bersama bagi karyawan perusahaan maupun lembaga kepemerintahan dan badan usaha milik negara (BUMN) sudah berakhir, dan masuk kerja kembali Rabu (23/7).

"Kami optimistis penyeberangan pada arus balik berjalan normal dan arus lalu lintas berjalan lancar," ujarnya.

Mario juga mengatakan, 27 kapal Eo-Ro yang dioperasikan ASDP termasuk tiga kapal berkapasitas besar yang bisa menampung ribuan penumpang.

Selain itu, dikemukakannya, 27 kapal itu ditargetkan bisa melakukan perjalanan Merak-Bakauheni di atas 95 kali pergi-pulang (trip), agar tidak terjadi antrean maupun penumpukan penumpang di pelabuhan.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan dengan lancar, nyaman, aman dan selamat sampai tujuan," katanya menambahkan.

Pewarta: Mansyur
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015