Pekanbaru (ANTARA News) - Arus kedatangan pemudik dari berbagai jalur lintas mulai dari lintas barat, timur, utara dan selatan menuju Provinsi Riau pada H+3 Idul Fitri 1437 hijriah, di Terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, mulai meningkat.

"Jumlah pemudik yang datang ke Riau pada Minggu (19/7) mencapai 755 orang atau mengalami peningkatan dibanding sehari sebelumnya tercatat mencapai 202 orang," kata Iptu H Herman WSN, Kepala Pos Pelayanan Terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki, Minggu.

Menurut Herman, meningkatnya jumlah penumpang pada arus kedatangan mudik Lebaran ke Riau, bersamaan dengan itu jumlah angkutan lebaran arus kedatangan juga meningkat tercatat pada Minggu (19/7) sebanyak 60 unit dan pada Sabtu (18/7) tercatat sebanyak 33 unit.

Ia mengatakan, untuk arus kedatangan mudik lebaran 1436 hijriah pada hari yang sama didominasi dari Medan, yang masuk dari jalur lintas timur, lintas barat, selatan dan lintas utara.

"Sebagian besar arus kedatangan mudik pada Idul Fitri hari ketiga ini dari Medan, antara lain akibat banyaknya penduduk Riau berasal dari provinsi tetangga bagian utara tersebut," katanya.

Kendati belum memasuki puncak arus kedatangan, namun demikian peningkatan kedatangan pemudik sebagai salah satu strategi menghindari kemacetan disamping masa cuti bersama akan mulai berakhir.

Namun demikian katanya lagi, untuk arus keberangkatan pada Minggu (19/7) jumlah bus berangkat sebanyak 55 unit, dengan jumlah penumpang berangkat mencapai 557 orang berasal dari jalur lintas barat, timur, utara dan selatan.

"Jumlah arus keberangkatan pada Minggu (19/7) justru terjadi peningkatan dibandingakan pada Sabtu (18/7) yang tercatat sebanyak 511 penumpang dan diangkut oleh 45 unit bus," katanya dan menambahkan untuk kasus kecelakaan di terminal AKAP itu nihil, dan kondisi masih aman dan terkendali.

Pewarta: Frislidia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015