... tetap siaga walaupun jumlah kendaraan menurun. Sebab, kedatangan pemudik tidak diketahui...
Tangerang, Banten (ANTARA News) - Untuk lebih meningkatkan keamanan dan kelancaran arus mudik dan arus balik dari mudik Lebaran, PT Jasa Marga Tangerang-Jakarta, mengaktifkan kamera CCTV di 26 titik.

Deputi GM Tata kelola Arus (Deputy General Manager Traffict Management)  PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Tangerang, Andrie Kustiawan, di Tangerang, Senin, mengatakan, seluruh fasilitas telah disiapkan sejak H-7 Hingga H+7.

Seperti halnya operasional 73 gerbang tol selama 24 jam, 75 orang Kepala Gilir Tugas Pengumpulan Tol (KSPT), 385 petugas kantor hingga 144 petugas layanan jalan tol.

Bahkan, mereka juga bekerja sama dengan RS Mayapada dengan membuat pos pelayanan kesehatan di Rest Area KM 13,5 Jalur B dan KM 14 Jalur A.

Untuk keamanan, Jasa Marga Tangerang-Jakarta telah membentuk Pos PAM Kamtibmas di enam lokasi. "Jadi, kami juga terbantu dengan kamera CCTV," ujarnya.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan arus balik mudik lebaran terjadi saat siang dan malam hari.

Walaupun demikian, jumlah kendaraan yang melintas tidak lebih tinggi dari pada hari kerja biasa yang mencapai 348.930 kendaraan per hari.

Pada hari raya saja, terjadi penurunan jumlah kendaraan mencapai 20 persen atau 258.224 kendaraan dalam sehari.

"Kami tetap siaga walaupun jumlah kendaraan menurun. Sebab, kedatangan pemudik tidak diketahui," ujarnya.

Sementara itu, di jalan umum Tangerang hingga Senin (20/7), masih terlihat sepi belum terlihat keramaian seperti biasanya.

Diperkirakan, para warga akan kembali ke wilayahnya masing - masing pada esok hari sebab pada tanggal 23 Juli sudah ada sebagian warga yang bekerja kembali.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015