AsiaNet 61042

TOKYO, 16 Juli (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Casio Computer Co., Ltd., pada 16 Juli mengumumkan Chordana Composer Version 2.0, sebuah aplikasi iPhone yang memungkinkan penggunanya untuk menggubah musik secara otomatis dari melodi pendek ketika inspirasi mulai muncul. Aplikasi ini sudah tersedia di iTunes App Store sejak 16 Juli. Silakan cek harga aplikasi di App Store. Para pengguna yang telah memiliki aplikasi Chordana Composer akan menerima versi terbaru tanpa dipungut biaya.


Chordana Composer Version 2.0 saat ini memberikan penggunanya kemampuan untuk mengunggah komposisi musik originalnya ke YouTube. Jumlah genre musik yang tersedia meningkat dari lima menjadi sembilan, dan terdapat mode input sol-fa (do, re, mi) baru bagi mereka yang tidak berpengalaman dalam menggunakan papan kunci musik. Fitur-fitur yang semakin diperbanyak juga meliputi kemampuan untuk mengubah musik original menjadi nada dering (*1) atau data MIDI, dan kemudian mengirimkannya melalui email, serta meningkatkan integrasi dengan papan kunci elektronik Casio.

- Bahkan para pemula pun dapat menggubah dan berbagi musik original

Masukkan sepenggal melodi original dari satu sampai delapan langkah panjang baik dengan menyiulkan ataupun menyanyikan melodinya, atau menggunakan input sol-fa. Pilih satu dari sembilan genre yang tersedia dan tiga jenis tayangan. Aplikasi ini tidak selesai hanya dengan menggubah rangkaian musik original secara otomatis, lengkapi dengan intro dan akhir. Musik original tersebut kemudian dapat diunggah ke YouTube, lengkap dengan notasi video. Para pengguna juga dapat menciptakan nada dering dari musik original mereka.

- Fitur lebih bagi penggubah yang sudah ahli

Selain metode yang telah disebutkan sebelumnya, melodi dari satu sampai delapan langkah panjang dapat dimasukkan baik dengan menekan papan kunci maupun dengan memposisikan catatan pada staf di layar. Dalam Version 2.0, para pengguna dapat memilih bagian obbligato dan mengubah lagu original menjadi data MIDI.

- Integrasi yang semakin ditingkatkan dengan papan kunci Key Lighting

Integrasi dengan papan kunci key lighting Casio semakin ditingkatkan. Selain menerangi bagian melodi kanan, Version 2.0 kini juga menerangi progresi kord sebelah kiri pada papan kunci yang terhubung.

(*1) Untuk memainkan lagu original sebagai nada dering iPhone, ponsel harus terhubung dengan komputer Mac atau Windows yang dilengkapi dengan instalasi iTunes.

SUMBER: Casio Computer Co., Ltd.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015