Pulau Nusa Penida, Bali (ANTARA News) - Ombak sekitar Pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, pulau terpisah dengan daratan Bali yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Klungkung, sangat cocok untuk berselancar (surfing).

Sebetulnya banyak lokasi berselancar yang bagus di Indonesia walau yang terkenal hanya beberapa, di antaranya Pantai Kuta (Bali) dan Pantai Plengkung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

"Kondisi ombak yang cukup keras hampir menyamai Pantai Kuta sehingga cukup disenangi oleh wisatawan untuk bermain surfing," kata I Komang Putra Hermawan (23), seorang peselancar, di Nusa Lembongan, Senin.

Pria yang sejak kecil senang bermain papan selancar itu telah meraih prestasi dalam berbagai kejuaraan surfing di tingkat daerah Bali, nasional dan internasional.

Pulau Nusa Lembongan dengan panorama alam yang menawan selama ini telah banyak mencetak atlet papan selancar yang mempunyai nama besar di tingkat lokal Bali, nasional dan internasional.

"Saya sudah menekuni surfing sejak duduk di bangku SD,"  ujar Hermawan.

Ia pernah ikut ambil bagian dalam berbagai kejuaraan papan selancar hingga namanya mencuat dan mendapat pengakuan dunia internasional.

"Dengan melakukan kompetisi di Indonesia atau di luar negeri saya mempunyai banyak pengalaman bertanding sekaligus mempertemukan dengan peselancar top dunia," kata Hermawan, pria asal Nusa Lembongan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015