Teheran (ANTARA News) - Iran akan meningkatkan produksi minyak mentah ke tingkat signifikan setelah sanksi Barat terhadap industri minyak Iran dicabut sesuai dengan kesepakatan nuklir baru-baru ini, Menteri Perminyakan Iran Bijan Zangeneh mengatakan Senin.

Negara ini berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyaknya menjadi hampir 4,7 juta barel per hari dalam waktu dekat, kata Zangeneh selama pertemuan dengan para anggota delegasi bisnis Jerman di Teheran, lapor Xinhua.

Zangeneh meminta perusahaan-perusahaan Jerman untuk masuk ke proyek-proyek minyak bumi Iran pasca-sanksi.

"Iran akan bekerja sama dengan perusahaan Jerman untuk pendanaan proyek-proyek di sektor petrokimia, penyulingan, penyimpanan, optimalisasi energi dan energi terbarukan," katanya.

"Kami tidak hanya menargetkan perusahaan besar Jerman dalam rencana kami, kami juga berfokus pada perusahaan Jerman skala kecil dan menengah untuk menyelesaikan proyek-proyek di Iran," kata dia.

Perusahaan-perusahaan Jerman dapat mendaftar di Iran dan bekerja bersama dengan perusahaan-perusahaan Iran; mereka juga dapat mengambil keuntungan dari tenaga kerja terdidik Iran untuk meningkatkan kegiatan perdagangan mereka di negara itu, kata Zangeneh.

Perusahaan-perusaahn Jerman tidak akan membatasi fokus mereka pada pasar Iran saja, mereka dapat memanfaatkan status Iran di wilayah tersebut untuk mengakses pasar yang lebih besar, tambahnya.

Zangeneh mengatakan ia berharap kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia akan menghapus pembatasan perbankan dan asuransi pada transaksi perdagangan Iran dengan Jerman.

Sementara itu, kepala delegasi Jerman, Wakil Kanselir Sigmar Gabriel, mengatakan bahwa waktu yang tepat bagi perusahaan-perusahaan Iran dan Jerman untuk membuka bab baru dalam kerja sama ekonomi kedua negara.

Perjanjian nuklir antara Iran dan kekuatan utama dunia akan berdampak positif pada hubungan bilateral Jerman-Iran, katanya.

Perwakilan delegasi dari perusahaan-perusahaan utama Jerman dan kelompok industri tiba di Teheran pada Minggu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior Iran dalam upaya untuk meningkatkan perdagangan antara Teheran dan Berlin.

Delegasi Jerman tiba di Teheran pada Minggu untuk kunjungan tiga hari, setelah kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia pekan lalu untuk mengekang program nuklir Iran yang sensitif dengan imbalan penghapusan sanksi ekonomi internasional dan barat.

(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015