Persiapannya sedang dilakukan. Kita semua menunggu itu."
Timika (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menyambut baik adanya gagasan membuat kesepakatan bersama antarseluruh komunitas warga di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, untuk mencegah terulang kembali konflik sosial di wilayahnya.

"Persiapannya sedang dilakukan. Kita semua menunggu itu. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kesepakatan antarsemua kelompok komunitas di Tolikara bisa ditandatangani," ujarnya di Timika, seusai berkunjung ke lokasi konflik di Karubaga, Tolikara, Papua, Selasa.

Semua elemen masyarakat di Kabupaten Tolikara, menurut dia, saat ini sedang menyusun rancangan kesepakatan bersama untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara semua komunitas yang bermukim di wilayah itu guna merajut kembali tali silahturahmi yang sempat terkoyak akibat konflik pada Jumat (17/7).

Pemerintah Pusat, dikemukakannya, menyambut baik itikad baik dari semua pihak di Tolikara itu.

Menyangkut rumah ibadah umat muslim yang ikut terbakar saat pecah konflik di Karubaga bertepatan dengan perayaan Idul Fitri 1436 Hijriyah, Jumat (17/7), Khofifah menegaskan, akan segera dibangun kembali.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Selasa meletakkan batu pertama pembangunan kembali bangunan Masjid Karubaga di sekitar kompleks Komando Rayon Militer (Koramil) Karubaga, Tolikara.

Selain Khofifah dan Tjahjo Kumolo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Yohana Yembise pada Selasa ini juga meninjau bekas rumah toko (ruko) dan mushala yang terbakar saat konflik terjadi.

Mereka juga menemui 153 warga yang mengungsi sementara di kompleks Koramil Karubaga, dan lebih dari 20 diantaranya masih berusia anak-anak.

Khofifah memastikan anak-anak warga pengungsian di Karubaga segera ditangani oleh tim Kementerian Sosial (Kemensos), agar tidak mengalami kondisi traumatis akibat kejadian beberapa waktu lalu.

Selain itu, Mensos bersama rombongan juga meninjau lokasi yang nantinya akan dibangun kembali ruko-ruko milik para pedagang yang terbakar di bekas Kantor Bupati Tolikara yang sudah tidak terpakai lagi.

Khofifah dan Yohana besok Rabu berencana melanjutkan kunjungan ke lokasi yang terkena bencana alam hujan es di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015