... 30 personel kami itu bergabung dengan 70 anggota Satgas Batalion Infantri 756/WMS yang sudah berada di Tolikara...
Jayapura, Papua (ANTARA News) - Batalyon Infantri 756/WMS mengirim satu peleton atau sebanyak 30 orang prajuritnya ke Karubaga, Kabupaten Tolikara untuk membantu pemerintah setempat merehabilitasi bangunan pascamusibah kebakaran pada Jumat pagi (17/7).

"Selain itu ke-30 prajurit Batalion Infantri 756/WMS juga membantu pengamanan penutupan acara Gereja Injili di Indonosia (GIdI) pada Senin (20/7)," kata Komandan Batalion Infantri 756/WMS, Letnan Kolonel Infantri Andy P Simanjuntak, dalam keterangan tertulis, diterima di Jayapura, Selasa sore.

Ia mengatakan tugas dari Batalion Infantri 756/WMS tidak hanya dalam pertempuran serta mengamankan perbatasan negara dan kedaulatan bangsa tetapi sebagai prajurit rakyat, juga membantu masyarakat yang kena musibah.

"Sebagai prajurit dari rakyat dan untuk rakyat, maka apa yang dialami dan dirasakan oleh rakyat baik suka maupun duka juga dirasakan oleh kami sebagai prajurit," katanya.

Oleh karena itu, kata Simanjuntak, setiap prajurit dilatih tidak saja dalam bidang tempur tetapi juga dilatih untuk dapat dan mampu mengatasi serta mempelopori setiap kesulitan rakyat yang ada di sekelilingnya.

"Intinya prajurit TNI siap membantu rakyat," katanya.

Simanjuntak mengemukakan, dalam kondisi cuaca Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang masih diselimuti kabut dan mentari juga belum menunjukkan sinarnya, sebanyak 30 orang anggotanya, di bawah pimpinan Letnan Dua Infantri Frengki Latuhihin, berangkat ke Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Sesampainya di Tolikara, skala prioritas adalah mengungsikan korban ke tenda-tenda yang telah didirikan kemudian dilanjutkan dengan pembersihan bangunan yang terbakar.

"Jadi 30 personel kami itu bergabung dengan 70 anggota Satgas Batalion Infantri 756/WMS yang sudah berada di Tolikara," katanya.

Selain itu, ada juga perkuatan dari Koramil (10 orang) serta Brimob (10 orang), dan Polres (20 orang) untuk membantu pemerintah setempat merehabilitasi bangunan yang terbakar.

"Hari ini secara bersama-sama melaksanakan pembersihan di lokasi yang tertimpa kebakaran atas perintah panglima Kodam XVII/Cenderawasih," kata dia.

"Karena rencananya lokasi tersebut akan dibangun kembali atas bantuan pemerintah pusat dan daerah sehingga dapat meringankan beban masyarakat sampai kondisi Karubaga benar-benar kondusif," katanya.

Batalion Infantri 756/Winame Sili atau Yonif 756/WMS yang bermarkas di Wamena, ada di bawah komando Brigade Infantri 20/Ima Jayakeramo, Kodam XVII/Cenderawasih.

Mereka memiliki enam kompi pasukan, yaitu kompi markas, kompi bantuan, serta kompi senapan A, B, C, D dan E.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015