Kuta, Bali (ANTARA News) - Ratusan penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu, dibatalkan karena abu vulkanik Gunung Raung kembali mengarah ke Pulau Dewata.

"Di udara debu bertebaran di mana-mana sehingga pesawat yang terbang ke Denpasar. Debu itu dikhawatirkan masuk ke mesin pesawat," kata Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso dalam keterangan persnya di pusat penanganan krisis bandara setempat di Kuta, Kabupaten Badung.

Penutupan bandara tersebut dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, serta Volcanic Ash Advisory Council (VAAC) di Darwin, Australia.

Pihak regulator dan operator bandara setempat memutuskan untuk menutup bandara mulai pukul 13.00 Wita hingga Kamis (23/7) pada pukul 06.00 Wita.

"Kami bersepakat menutup bandara ini sekitar 17 jam ke depan," katanya.

Meski demikian pihak Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, belum bisa memastikan jumlah rute penerbangan yang dibatalkan tersebut karena masih didata oleh pihak terkait.

Namun General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo, menyatakan bahwa jumlah jadwal penerbangan yang dibatalkan tersebut kemungkinan sama dengan jumlah pembatalan yang sebelumnya sempat terjadi pada penutupan pertama.

"Saat ini masih kami data jumlah rute penerbangan yang dibatalkan tetapi tidak jauh dari jumlah pembatalan sebelumnya," ucapnya.

Pada penutupan sebelumnya tercatat 277 jadwal penerbangan domestik dan internasional dibatalkan.

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan "Notice to Airmen" atau Notam dengan nomor A1493/15 yang diberikan kepada seluruh personel penerbangan.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015