Pasadena (ANTARA News) - Gol-gol dari Luis Suarez dan Sergi Roberto membawa Barcelona menang 2-1 atas Los Angeles Galaxy pada Selasa, yang memberi pelatih Luis Enrique start yang meyakinkan terhadap tur Amerika Utara sang juara Eropa itu.

Pemain internasional Uruguay Suarez memenangi pertarungan melawan mantan rekan setimnya di Liverpool Steven Gerrard -- akuisisi terkini Galaxy dari Eropa.

Golnya pada menit ke-45 dan gol Roberto pada menit ke-56 memastikan bahwa meski tanpa bintang-bintang seperti Lionel Messi asal Argentina dan pemain Brazil Neymar -- yang diizinkan absen dari tur pra musim setelah keduanya bermain di Piala Amerika -- Barcelona mendapat kemenangan melalui penampilan dominan mereka di depan 93.226 penonton di Rose Bowl Pasadena.

Itu merupakan jumlah penonton terbanyak pada pertandingan yang menampilkan tim Liga AS.

"Berdasar pada apa yang diperlihatkan pada pertandingan pertama pra musim, mempertimbangkan bahwa kami hanya memiliki tujuh hari latihan, banyak melakukan perjalanan, secara keseluruhan saya merasa sangat positif," kata sang pelatih. "Secara keseluruhan, para pemain kami terlihat bagus."

Barcelona, yang mempersiapkan diri untuk mempertahankan gelar Liga Champions, Liga Spanyol, dan Piala Raja mereka, secara efektif menetralisir ancaman apapun dari Gerrard dan rekan setimnya di Galaxy Robbie Keane, sambil tanpa lelah menekan lawannya.

Mereka akhirnya mendapatkan gol pertama pada menit ke-45 ketika Suarez melepaskan tembakan kaki kiri melewati kiper Galaxy Brian Rowe, setelah umpan silang Rafinha dibelokkan oleh Marc Bartra.

Sepakan Suarez tidak menemui sasaran dari tengah lapangan di menit ke-11 dan dari jarak dekat pada menit ke-23, sedangkan Rowe melakukan penyelamatan terhadap upaya Roberto dari luar kotak penalti pada menit ke-35.

"Saya gembira dengan cara tim bermain, dengan level, dengan intensitas (yang diperagakan timnya)," kata Enrique, sambil menegaskan bahwa "semua dapat menjadi lebih baik."

Kedua tim melakukan pergantian besar-besaran saat turun minum, di mana Suarez merupakan satu dari tujuh pemain Barcelona yang ditarik keluar lapangan dan Andres Iniesta dan Gerard Pique memasuki lapangan permainan.

Pelatih Galaxy Bruce Arena bahkan berbuat lebih jauh, namun Enrique berkata bahwa pergantian-pergantian pemain merupakan hal logis untuk kedua tim.

Pergerakan-pergerakannya membuat ia dapat memberi peluang lebih banyak kepada pasukannya untuk kembali ke irama permainan, sedangkan ia merasa kubu lawan yang dilatih Arena mengambil hal bijak dengan menghindari cedera terhadap pemain-pemain kunci seperti Gerrard dan Keane dengan timnya, di tengah upaya mereka mempertahankan gelar juara Liga AS.

Arena gembira dapat memberi pengalaman terhadap para pemain mudanya -- yang sebagian besar merupakan pemain pelapis.

"Saya pikir Keane dan Gerrard tidak memerlukan pertandingan-pertandingan ini sebagaimana anak-anak muda yang memerlukan pengalaman," kata Arena.

"Anda dapat menyampaikan banyak hal kepada mereka, namun sampai mereka benar-benar memasuki lapangan dan mengalami melawan pemain-pemain berkualitas, mereka tidak memahami sepenuhnya. Malam ini bagi para pemain muda kami, ini merupakan pengalaman yang sangat bernilai."

Pergantian-pergantian itu tidak memperlambat Barca, di mana Douglas nyaris menyumbang gol pada menit ke-47 dan Pique menguji kiper cadangan Galaxy Andrew Wolverton pada menit ke-53 setelah mendapat operan dari Munir.

Munir juga membantu pada proses terciptanya gol Roberto di menit ke-56 dari tepi kotak penalti -- yang memicu teriakan-teriakan "Barca! Barca! Barca!" dari para penonton.

Manchester United menjadi lawan Barca selanjutnya

Minoritas penggemar Galaxy di tribun penonton, yang melewati malam dengan angin sepoi-sepoi di kaki gunung di timur laut Los Angeles, memiliki beberapa hal untuk dirayakan, meski Tommy Meyer mengemas gol hiburan pada menit pertama injury time, dengan menyundul bola dari jarak dekat.

Galaxy sekarang akan kembali menatap kompetisi Liga AS, mengunjungi Dynamo di Houston pada Minggu.

Barcelona selanjutnya akan tampil di daerah pesisir untuk berhadapan dengan Manchester United pada Sabtu di Stadion Levis, kandang tim Ameican Football San Francisco 49ers.

"Dalam tiga hari, kami akan menjadi lebih baik," kata Enrique, yang timnya akan menyelesaikan tur AS dengan menghadapi juara Inggris Chelsea pada 28 Juli di pinggiran Washinton DC, sebelum bermain melawan Fiorentina di Florence pada 2 Agustus. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015