Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, mengatakan banyak pemudik yang memanfaatkan posko-posko kesehatan yang disediakan di sepanjang jalur mudik untuk memeriksakan kondisi tubuhnya.

"Banyak pemudik yang memanfaatkan posko kesehatan yang didirikan oleh jajaran Kementerian Kesehatan," kata Menkes Nila F Moeloek di Jakarta, Rabu.

Lebaran tahun ini, Kementerian Kesehatan membangun 870 posko kesehatan di sepanjang jalur mudik, baik di jalan raya, stasiun, terminal, bandara maupun pelabuhan.

Selain itu ribuan puskesmas dan rumah sakit juga disiagakan 24 jam penuh selama musim mudik Lebaran.

Berdasarkan laporan yang dia terima dari sejumlah posko kesehatan, diketahui bahwa penyakit darah tinggi atau hipertensi menjadi jenis penyakit yang banyak diderita pemudik.

"Tingginya kasus hipertensi tersebut menjadi catatan yang harus mendapat perhatian jajaran kesehatan," katanya.

Pasalnya, penyakit hipertensi ini bisa menjadi pemicu munculnya penyakit degeneratif lainnya seperti jantung dan stroke.

Untuk itu, kata dia, sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan akan terus dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat.

Menkes menilai, perlu kampanye hidup sehat dengan pola makan yang benar, diet seimbang, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur dan menghindari stres.

Menkes juga mengimbau masyarakat untuk benar-benar menjaga kesehatannya.

Sementara itu, terkait kasus kecelakaan yang ditangani posko kesehatan, Menkes mengatakan laporan sementara menunjukkan tahun ini menurun drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Namun, kata dia, belum semua data masuk ke Kementerian Kesehatan mengingat hingga kini petugas kesehatan di posko masih harus menghadapi arus balik pemudik.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015