Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan kondisi keamanan di Papua semakin membaik dan damai pascakonflik di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, saat Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Sudah damai, dan pemerintah, Presiden sudah memerintahkan untuk membangun kembali," kata JK yang ditemui di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis.

Menurut Wapres, penegak hukum akan tetap mengusut kasus yang terjadi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua.

"Siapa yang salah, siapa yang berbuat. Ini harus mendapat suatu sanksi hukum tentu," jelas Kalla.

Selain itu, JK mengatakan isu separatisme diPprovinsi Papua dan Papua Barat tidak mempengaruhi keadaan keamanan masyarakat Papua.

"Bahwa ada saja yang tidak puas, ada saja yang mengisukan. Ya itu memang selalu timbul tapi tidak mempengaruhi rakyat di sana lah," kata Wapres.

Sebelumnya, Bupati Tolikara Usman Wanimbo juga mengatakan aktivitas perekonomian dan kegiatan warga di Karubaga telah kembali normal.

Wanimbo menambahkan para korban yang rumahnya terbakar masih menempati sejumlah tenda pengungsian yang didirikan di halaman Koramil Karubaga.

Bupati mengatakan biaya perawatan sepuluh orang korban luka yang masih dirawat di RSUD Dok 2 Jayapura dan RSUD Wamena akan ditanggung oleh Pemda Papua.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015