Kami dari Komnas PA mengharapkan peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan sampai tingkat RT dan RW sehingga semakin dicintai, dirasakan dan diramaikan oleh seluruh anak-anak dan orang tuanya,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Seto Mulyadi mengharapkan perayaan Hari Anak Nasional dilaksanakan di tingkat RT/RW sehingga dicintai oleh anak-anak Indonesia.

"Kami dari Komnas PA mengharapkan peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan sampai tingkat RT dan RW sehingga semakin dicintai, dirasakan dan diramaikan oleh seluruh anak-anak dan orang tuanya," kata Seto di kediamannya, Jakarta, Kamis.

Pihaknya juga mengharapkan Hari Anak Nasional (HAN) ini dapat dilaksanakan dan menjadi perhatian pemerintah serta masyarakat dengan maksud agar ada satu hari dimana anak-anak dapat merasakan kebahagiaan bersama di seluruh Indonesia.

"Tentunya HAN akan berjalan mulai 23 Juli ini sebagai puncaknya dan dapat terus diselenggarakan sampai sebulan kedepan," katanya.

Kendati bisa dilaksanakan secara fleksibel mulai dari tanggal 23 Juli ini, Seto mengharapkan perayaan Hari Anak Nasional bisa dilaksanakan tepat waktu secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kami harap ke depannya Hari Anak Nasional bisa dirayakan tepat waktu, serentak dan secara meriah di seluruh Indonesia sampai di tingkatan RT dan RW tidak seperti tahun ini yang sendiri-sendiri," katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta Presiden Joko Widodo menginstruksikan setiap pejabat RT dan RW memeriahkan perayaan Hari Anak Nasional.

Menurut dia, keharusan Hari Anak Nasional dirayakan meriah dan serentak sampai tingkat RT dan RW agar anak-anak merasa spesial dan diperhatikan.

"Kemeriahan itu maksudnya supaya anak-anak merasa diperhatikan dan spesial serta ada satu hari dimana anak-anak dapat merasakan kebahagiaan bersama di seluruh tempat di Indonesia," ujarnya.

Acara peringatan Hari Anak Nasional di kediaman Kak Seto sendiri, diselenggarakan secara sederhana dengan melibatkan para pengurus Komnas PA dan Satgas Perlindungan Anak di tingkat RT dan RW.

Acara tersebut diisi dengan aneka lomba anak-anak, dongeng, sulap dan lainnya pada hari Kamis ini 23 Juli 2015 mulai pukul 16.30 di kediamannya dengan alamat Komplek Cirendeu Permai Jalan Cirendeu Permai Nomor 13 Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu juga menjadi ajang peluncuran laman web Kantor Berita Anak Indonesia (KBAI) dan laman web Satgas Perlindungan Anak.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015