Jember (ANTARA News) - Sebaran abu vulkanik Gunung Raung (3.332 mdpl) mengguyur di 31 kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Hampir seluruh kecamatan di Jember diguyur hujan abu vulkanik, namun terparah di Kecamatan Silo, Ledokombo, dan Sumberjambe, yang merupakan daerah berpotensi terdampak erupsi Gunung Raung," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, Jumat, di Jember.

"Sebaran abu vulkanik tersebut tidak merata di sejumlah kecamatan, ada yang turun cukup deras hingga menyerupai butiran pasir, namun ada juga yang abu vulkanik turun sangat tipis seperti debu," tambah dia.

Ia mengatakan, BPBD Jember setiap hari mendistribusikan masker kepada warga di daerah yang terguyur abu vulkanik gunung di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi tersebut.

"Setiap hari kami mendistribusikan ribuan masker kepada warga yang daerahnya diguyur hujan abu vulkanik, namun kami imbau warga yang tidak memiliki kepentingan tidak berada di luar rumah, sebaiknya di dalam rumah," katanya.

Menurut laporan yang diterima BPBD Jember, pada Jumat pukul 06.00-12.00 WIB data seismik menunjukkan tremor vulkanik terjadi terus menerus dengan amplitudo dominan 29 milimeter.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015