... beri pilihan ke calon penumpang maunya seperti apa. Satu lagi, jangan janji yang tidak ada...
Sidoarjo, Jawa Timur (ANTARA News) - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengimbau seluruh maskapai di Tanah Air untuk lebih aktif menginformasikan penutupan bandar udara, agar calon penumpang memiliki pilihan moda transportasi yang digunakan sebelum pergi.

"Maskapai harus seawal mungkin memberitahukan jika ada penutupan di bandara," ujarnya, di sela inspeksi arus balik di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, di Sidoarjo, Jumat.

Ia juga meminta maskapai tidak membatasi pilihan calon penumpang terkait kompensasi akibat penutupan bandara, antara mengembalikan sejumlah uang seharga tiket (refund) atau penjadwalan ulang keberangkatan (reschedulle). 

"Jadi, beri pilihan ke calon penumpang maunya seperti apa. Satu lagi, jangan janji yang tidak ada," ucap dia. 

Tidak itu saja, dia menyarankan maskapai memperbaiki sistem yang memiliki keterkaitan dengan penjualan tiket secara dalam jaringan (online).

"Semisal, kalau ada penutupan bandara maka informasikan ke penjualan online sehingga tidak ada penjualan tiket pada jam tersebut," tukasnya.

Beberapa hari terakhir ini, di sejumlah bandara kerap dilakukan buka tutup hingga berpengaruh pada aktivitas penerbangan akibat abu vulkanis Gunung Raung (3.332 mdpl), antara lain Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Lombok dan Bandara Internasional Juanda.

Kemudian, Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Bandara Blimbingsari (Banyuwangi), Bandara Notohadinegoro (Jember) serta Bandara Trunojoyo (Sumenep, Pulau Madura).

Bahkan, sampai saat ini yang masih mengalami penutupan dan penghentian aktivitas penerbangan adalah Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan Bandara Notohadinegoro Jember.

"Karena ini faktor alam dan bencana maka semua pihak, khususnya calon penumpang harus bersabar. Kalau buru-buru, lebih baik cari moda transportasi lain," ucap Jonan.

Akibat letusan Gunung Raung di berbatasan tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Jember, Bondowoso dan Banyuwangi, berimbas kepada penundaan penerbangan.

Sementara itu, atas nama Pemerintah Pusat ia juga menyampaikan apresiasinya kepada manajamen Bandara Ngurah Rai dan Juanda yang dia pandang siap mengantisipasi penutupan akibat letusan Gunung Raung.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015