DPP sudah resmi mengeluarkan rekomendasi calon kepala daerah untuk Kabupaten Semarang, Kendal, Blora, Rembang, Kebumen, Pekalongan, Purworejo, dan Kota Pekalongan,"
Semarang (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan kembali mengeluarkan rekomendasi untuk delapan pasangan calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah pada 9 Desember 2015.

"DPP sudah resmi mengeluarkan rekomendasi calon kepala daerah untuk Kabupaten Semarang, Kendal, Blora, Rembang, Kebumen, Pekalongan, Purworejo, dan Kota Pekalongan," kata Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng di Semarang, Jumat.

Kedelapan pasangan calon kepala daerah yang direkomendasikan DPP PDIP itu adalah Mundjirin-Ngesti Nugraha (Kabupaten Semarang), Widya Kandi Susanti (Kabupaten Kendal), Abu Nafi-Dasum (Kabupaten Blora), Hamzah Fathoni-Ridwan (Kabupaten Rembang).

Kemudian, Bambang Widodo-Sunarto (Kabupaten Kebumen), Riswadi-Nurbalistik (Kabupaten Pekalongan), Zaenal Arifin-Nurul Tri Wahyuni (Kabupaten Purworejo), dan Alf Arslan Al Junaid-Saelany Machfudz (Kota Pekalongan).

"Dengan kembali dikeluarkannya delapan rekomendasi ini maka total sudah ada 15 rekomendasi untuk pasangan calon kepala daerah yang dikeluarkan DPP PDIP dari 21 pilkada yang akan diselenggarakan pada Desember 2015," ujarnya.

Sebelumnya DPP PDIP sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kota Semarang), Seno Samodro-Said Hidayat (Kabupaten Boyolali), FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo (Kota Surakarta), Wardoyo Wijaya-Purwadi (Kabupaten Sukoharjo), Sigit Widyonindito-Windarti Agustina (Kota Magelang), Djuanedi-Martono (Kabupaten Pemalang), dan Sri Sumarni-Edi Maryono (Kabupaten Grobogan).

Menurut Agustina, dari 15 calon kepala daerah yang sudah mendapat rekomendasi DPP itu, delapan di antaranya diusung sendiri oleh PDIP yaitu Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Semarang, serta Kabupaten Kebumen.

"Tujuh pasangan calon kepala daerah lainnya yakni Kota Pekalongan, Kendal, Grobogan, Blora, Rembang, Pekalongan dan Purworejo diusung secara koalisi dimana salah satunya adalah rekomendasi dari partai lain," katanya.

Delapan dari 15 calon kepala daerah itu bupati/wali kota itu diketahui merupakan petahana yaitu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Bupati Boyolali Seno Samodro, Bupati Pemalang Djunaedi, Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo, Bupati Semarang Mudjirin, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Ke-21 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015