Semarang (ANTARA News) - Pebalap Rio Haryanto meraih posisi kedua pada latihan bebas, Jumat waktu setempat, menjelang berlangsungnya seri keenam lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Hungarotng, Budapes, Hongaria, 25 hingga 26 Juli 2015.

Cep Goldia, Meda Relatons Rio Haryanto, dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Jumat malam, mengatakan bahwa Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Campos Racng menyentuh gars finis dengan catatan waktu 1:29.384 dari 18 kali putaran.

Sementara itu, rekan satu tim Rio Haryanto, Arthur Pic dari Prancis, berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1:29.552, sedangkann posisi pertama ditempati Stoffel Vandoorne dari tim ART Grand Priix dengan catatan waktu 1:28.969, kemudian posisi ketiga pebalap tim DAMS A Lynn dengan catatan waktu 1:29.499.

Rio Haryanto yang menggunakan ban medium yang akan menjadi ban prime untuk balapan minggu ini mencatat waktu 1:29.702 di paruh awal sesi. Pada stint berikutnya Rio berhasil mempertajam catatan waktunya menjadi 1:29.384. Catatan waktu tersebut menempatkannya di urutan kedua, terpaut 0,415 detik dari pemimpin klasemen sementara, Stoffel Vandoorne.

Sesi latihan bebas berlangsung dalam kondisi cuaca yang cukup cerah dengan temperatur udara 28 derajat Celsius dan 58 persen kelembapan. Sementara sesi kualifikasi diperkirakan akan berlangsung dalam ancaman hujan. Maka dari itu, timing dan strategi yang tepat tentunya menjadi faktor yang penting dalam kondisi cuaca yang berubah di sesi kualifikasi nanti.

Pada sesi kualifkasi untuk menentukan start para para pebalap pada sesi "feature race", Sabtu (25/7), akan dimulai Jumat sekitar pukul 20.55 waktu setempat.

Pada dua ronde GP2 Series terakhir ini Rio mendapatkan dukungan langsung dari Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Inggris dan Hongaria. Pada ser kelima di Inggris awal Juli 2015, Duta Besar Republik Indonesia untuk Britania Raya T.M. Hamzah Tayeb menyempatkan untuk berfoto bersama Rio dan tim Campos Racing setelah pebalap Indonesia itu berhasil memenangi balapan sprint race.

Di Hongaria, Rio juga mendapatkan kejutan dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Hongaria Wening Esthyprobo Fatandari yang menjemput Rio di bandara. Rio sangat mengapresiasi dukungan yang telah diberikan pemerintah Indonesia. Namun, Rio juga berharap dukungan selalu diberikan, baik ketika Rio mendapatkan hasil yang baik maupun pada saat-saat yang kurang beruntung.

Dukungan dari pemerintah dan semua lapisan masyarakat Indonesia tentunya akan menambah motivasi bagi Rio untuk terus berusaha meraih hasil yang maksimal dan mengharumkan nama Indonesia di mancanegara.

Usai menjalani sesi kualifikasi kemudian dilanjutkan dengan lomba untuk sesi "feature race" pada hari Sabtu (25/7) sekitar pukul 20.40 WIB dengan menempuh 37 putaran, kemudian pada hari Minggu (26/7) dilanjutkan dengan sesi "sprint race" pukul 15.35 WIB yang menempuh 28 kali putaran.

Sampai seri kelima di Inggris beberapa waktu lalu, Rio Haryanto masih berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan total nilai 91, sedangkan peringkat kedua ditempati Alexander Rossi (Racing Engineering) dengan total nilai 105 sedangkan posisi pertama Stoffel Vandoorne (ART Grand Prix) dengan nilai 179.

Sementara itu, secara tim Rio Haryanto bersama Arthur Pic di tim Campos Racing meraih peringkat ketiga dengan total nilai 112, peringkat kedua Racing Engineering dengan nilai 123, sedangkan peringkat pertama tim ART Grand Prix dengan nilai 199.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015