Budapest (ANTARA News) - Juara dunia Lewis Hamilton mengalahkan  Daniil Kvyat dari tim Red Bull pada sesi latihan bebas kedua pada Jumat, menjelang Grand Prix Hungaria akhir pekan ini.

Pada kondisi panas yang menyengat, pebalap Britania berusia 30 tahun itu,  mencatatkan waktu terbaik satu menit 23,949 detik, untuk unggul 0,351 detik atas sang pebalap Rusia.

Hamilton menang di trek Hungaroring pada 2007, musim debutnya di Formula 1, 2009, 2012, dan 2013, dan, dengan empat kemenangan, itu menyamai total kemenangan juara dunia tujuh kali Michael Schumacher.

Ia unggul sebanyak 17 angka atas Rosberg pada klasemen kejuaraan 2015.

Catatan waktu Kvyat memperlihatkan perkembangan Red Bull untuk sirkuit yang ketat, banyak putaran, dan teknikal, yang cocok dengan mobil mereka.

Rekan setimnya, Daniel Ricciardo asal Australia, unggul setengah detik atas rekan setim Hamilton di Mercedes, Nico Rosberg.

Penampilan meyakinkan Ricciardo terjadi di sesi di mana ia harus keluar trek, dengan asap putih dari bagian belakang mobilnya setelah terjadi kegagalan mesin.

Insiden itu menyebabkan sesi tersebut harus diwarnai bendera merah dan dihentikan sesaat, ketika mobil-mobil harus dikeluarkan dari jalan.

Kimi Raikkonen, yang menyebabkan interupsi bendera merah pada sesi pagi ketika sayap kanan mobilnya terlepas, menjadi pebalap tercepat kelima untuk Ferrari, mengungguli Carlos Sainz yang membela Toro Rosso, juara dunia empat kali Sebastian Vettel pada Ferrari kedua, dan juara dunia dua kali Fernando Alonso menjadi pebalap tercepat kedelapan untuk McLaren.

Dua pebalap Williams, Valtteri Bottas dan Felipe Massa asal Brazil, menghuni peringkat kesembilan dan kesepuluh, mengungguli pebalap remaja Max Verstappen dari Toro Rosso dan Jenson Button, juara 2009, pada McLaren kedua.

Hari ini dimulai dengan sesi pagi yang dramatis, sebagai tambahan pada insiden Raikkonen, ketika pebalap Meksiko Sergio Perez dari Force India lolos dari kecelakaan tanpa terluka dan mampu berjalan meninggalkan mobilnya.

(Uu.SYS/C/H-RF/C/A016) 

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015