Budapest (ANTARA News) - Juara dunia dua kali Lewis Hamilton menyapu bersih sesi latihan Grand Prix Hungaria pada Sabtu dengan mencatatkan waktu tercepat pada latihan terakhir, setelah juga mendominasi pada dua sesi sebelumnya.

Pebalap Britania itu unggul 0,098 detik dari pebalap posisi kedua yang merupakan rekan setimnya di Mercedes sekaligus rivalnya dalam persaingan gelar Nico Rosberg, di mana pebalap Jerman itu harus menemui masalah dan mogok pada akhir pit lane di menit terakhir.

Pebalap Jerman itu memanjat keluar dari mobilnya, sebelum ia membantu para mekaniknya mendorong kembali mobilnya.

"Kelihatannya itu adalah masalah mesin," kata kepala teknik Mercedes Pady Lowe kepada BBC.

"Kami belum tahu lebih banyak dari itu saat ini, namun itu tidak direncanakan. Kami menemukan beberapa masalah semalam, yang mampu kami perbaiki dan ia memulainya di posisi yang sedikit lebih baik hari ini, dan kami melihatnya dalam waktu-waktu putaran."

Hamilton, yang mencatatkan waktu terbaik satu menit 22,997 detik, sebelumnya telah mencatatkan empat kemenangan di Budapest, dan akan mengejar posisi start kesembilannya dari sepuluh balap. Ia unggul sebanyak 17 angka atas rival terdekatnya.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjadi pebalap ketiga tercepat, namun rekan setimnya yang berasal dari Finlandia Kimi Raikkonen harus menyingkir karena kebocoran air dan hanya mampu menghuni posisi ke-16, sedangkan pebalap asal Rusia Daniil Kvyat menduduki posisi keempat untuk Red Bull.

Dua mobil Force India keluar trek setelah absen pada sesi latihan kedua, menyusul kecelakaan yang melibatkan pebalap asal Meksiko Sergio Perez pada sesi pembukaan.

Nico Hulkenberg menduduki posisi keenam tercepat, sedangkan Perez menghuni urutan ke-15 di catatan waktu, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015