Santa Clara, Amerika Serikat (ANTARA News) - Manajer Manchester United Louis van Gaal memuji penjaga gawang David De Gea setelah pemain Spanyol yang baru sembuh dari cedera itu berjasa besar dalam menjungkalkan Barcelona Sabtu waktu AS di sini.

De Gea absen pada dua laga pertama MU dalam tur pramusim ke AS karena cedera yang dirahasiakan yang sempat memicu spekulasi kemungkinan kepindahannya ke Real Madrid yang mengingingkannya untuk menjadi pengganti Iker Casillas.

Ternyata De Gea turun lapangan untuk melawan Barcelona di Stadion Levi's bahkan berperan kunci saat United menang 3-1 dalam laga persahabatan itu. Dia menciptakan beberapa penyelamatan penting dalam laga ini.

Salah satunya saat menghalau upaya Sergi Roberto dalam menciptakan gol pembuka untuk Barcelona pada menit kelima.

Van Gaal mengungkapkan pujiannya kepada kemampuan De Gea untuk kembali tampil prima kendati sempat absen karena cedera.

"Meskipun cedera dan tidak berlatih selama seminggu, dia berhasil menunjukkan kualitasnya pada pertandingan ini," kata van Gaal.

"Peluang pertama adalah milik Barcelona dan manakala Anda menghentikan peluang pertama maka Anda bisa mencetak gol pertama dan itu selalu menjadi pembeda dalam pertandingan."

Van Gaal mengakui berusaha mempertahankan De Gea namun akhirnya itu semua berpulang kepada sang pemain.

"Ya tentu saja saya berharap De Gea mau bertahan, tetapi dalam dunia sepak bola seperti ini Anda tak pernah tahu," kata dia seperti dikutip AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015