Jakarta (ANTARA News) - Komisi II DPR akan meninjau persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Papua pada 4-8 Agustus 2015.
 
"Ada 15 orang anggota Komisi II DPR yang akan berangkat (ke Papua) untuk meninjau kesiapan pelaksanaan pilkada serentak," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy di Jakarta, Senin.

Komisi II DPR, menurut dia, akan bertemu dengan pejabat Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pemerintah Provinsi, Kepala Kepolisian Daerah, Panglima Komando Daerah Militer dan Panitia Pengawas Pemilu di Papua untuk meminta keterangan mengenai persiapan pelaksanaan pilkada serentak.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu mengatakan Komisi II DPR khususnya ingin mengetahui persiapan pengamanan pilkada serentak di wilayah provinsi itu.

"Kami harap pelaksanaan Pilkada serentak aman dan lancar serta tidak terganggu dengan provokasi-provokasi dari berbagai pihak," katanya.

Lukman juga berharap kasus kerusuhan di Tolikara pada 17 Juli tidak berdampak negatif terhadap pelaksanaan pilkada serentak di Papua.

Ia mengatakan Komisi II DPR ingin memastikan persiapan sudah dilakukan dengan baik supaya pilkada serentak 9 Desember 2015 berjalan sesuai harapan.

Selain itu meninjau persiapan pelaksanaan pilkada, dia menambahkan, Komisi II DPR juga akan melihat perkembangan beberapa daerah pemekaran selama mengunjungi Papua.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015