Yang pasti, rusunawa tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi warga Kampung Pulo
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Rencananya, kita mau bangun rusunawa lagi di Jakarta, lokasinya yaitu di daerah Kampung Pulo, atau nanti disesuaikan lagi di lapangan," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, pembangunan rusunawa tersebut bertujuan untuk menambah hunian bagi warga ibu kota, terutama yang terkena dampak dari program normalisasi sungai.

"Yang pasti, rusunawa tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi warga Kampung Pulo. Sehingga, warga di sana akan memiliki hunian yang lebih layak, tidak kebanjiran lagi," ujar Basuki.

Lebih lanjut, dia menuturkan saat ini di kawasan Kampung Pulo sebetulnya masih terdapat sejumlah hunian warga. Namun, pihaknya berencana untuk segera melakukan penertiban di wilayah tersebut.

"Kami juga saat ini masih terus mematangkan rencana untuk melakukan penertiban sekaligus relokasi warga di Kampung Pulo. Namun, kami masih belum bisa memastikan waktunya," katanya.

Dia pun memperkirakan rencana pembangunan rusunawa di Kampung Pulo baru dapat direalisasikan apabila relokasi sebagian warga ke Rusunawa Jatinegara Barat sudah selesai dilaksanakan secara keseluruhan.

"Nanti kita akan siapkan lahan sekitar dua hektare untuk dibangun rusunawa Kampung Pulo. Selanjutnya, warga yang sudah menempati Rusunawa Jatinegara Barat boleh saja kalau mau pindah ke rusunawa Kampung Pulo," katanya.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015