... salah satunya yang paling mendekat dengan publik Indonesia adalah jaringan toko ritel papan atas dunianya, Debenhams, di Senayan City...
Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Inggris, David Cameron, dijadualkan diterima Presiden Joko Widodo, untuk kunjungan kehormatan resmi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin petang ini. 

Ini kunjungan kedua Cameron ke Indonesia, dan juga yang pertama sejak dia terpilih lagi menjadi perdana menteri Inggris, pula sejak Jokowi menjadi presiden Indonesia. 

Kunjungan Cameron ke Jakarta ini menarik perhatian media massa nasional dan internasional. Inggris tengah menghadapi beberapa masalah dalam negerinya, di antaranya wacana pemisahan Skotlandia dari Inggris menjadi negara berdaulat sendiri, yang akhirnya bisa tidak terjadi. 

Pula, keberadaan sekitar 500 warga negara Inggris --banyak kalangan terpelajar dan pemuda-- yang tertarik untuk bergabung dengan NIIS/ISIS. Diketahui jalur yang lumrah ditempuh mereka adalah melalui Turki. 

Sebaliknya dengan Indonesia yang mayoritas muslim, wacana ataupun jumlah warganegara yang minggat untuk bergabung dengan NIIS/ISIS tidak mendapat tempat segemuruh di Barat. 

Cameron dijadwalkan tiba di Istana Merdeka pada pukul 17.15 WIB dan langsung mengikuti penghormatan resmi kenegaraan. Cameron akan ada di Indonesia dalam kunjungan dua hari. 

Inggris merupakan investor luar negeri terbesar kelima bagi Indonesia. Investasi Inggris semakin meningkat, salah satunya yang paling mendekat dengan publik Indonesia adalah jaringan toko ritel papan atas dunianya, Debenhams, di Senayan City. 

Selain dijadwalkan pertemuan empat mata dengan Jokowi, Cameron juga akan memimpin pertemuan delegasi Inggris dengan delegasi Indonesia. 

Pada Selasa malam, Jokowi dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan menggelar jamuan makan malam kenegaraan untuk menghormati kunjungan Cameron itu. 

Pewarta: Panca Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015