Jakarta (ANTARA News) - CEO Blue Bird Taxi Bayu Priawan Djokosoetono siap menjadi Ketua Panitia Asian Games (AG) 2018 yang akan berlangsung di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

Ditemui usai mengikuti rapat koordinasi Asian Games dengan pihak Kemenpora dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta, Senin, Bayu mengaku kesediaannya untuk membantu perhelatan olahraga besar di Indonesia itu dimaksudkan sebagai bentuk kontribusinya bagi bangsa dan negara.

"Saya harapkan ada kesempatan agar kita bisa berkontribusi untuk nama baik bangsa dan jabatan ini bukan jabatan untuk mencari uang tapi jabatan pengabdian, jadi harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Meskipun belum secara resmi dilantik menjadi ketua panitia, namun kehadiran Bayu dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh pihak Pemprov DKI itu semakin menegaskan keterlibatannya dalam Asian Games 2018 setelah sebelumnya beberapa nama pengusaha terkemuka seperti mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan mantan Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah sempat disebut-sebut akan mengisi posisi tersebut.

"Kalau memang nantinya dipercaya menjadi ketua panitia, insya Allah saya siap. Kalau sekarang kan belum ada SK (surat keputusannya)," kata Bayu.

Pria yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu juga telah menyiapkan langkah-langkah awal khususnya terkait dengan koordinasi intensif dengan semua pihak yang terlibat, terutama dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk bisa menjalankan Asian Games 2018 sesuai dengan standar dan ekspektasi mereka.

"Kita akan buat task list (daftar tugas) supaya terukur semuanya, tepat waktu, sesuai jadwal, dan yang paling penting jangan sampai ada salah prosedur. Maka kita juga akan koordinasi dengan pihak-pihak yuridis supaya ada pendampingan hukum," tuturnya.

Seperti diketahui, Asian Games 2015 di Jakarta dan Palembang akan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang 28 di antaranya merupakan cabang olimpiade.

Untuk cabang lainnya merupakan usulan dari tuan rumah di antaranya pencak silat. 

Pewarta: Yashinta DP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015