Jakarta (ANTARA News) - Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri) mengklaim tim dari 30 provinsi dipastikan turun pada Liga Desa Indonesia (Lidi) 2015 yang memperebutkan Piala Menpora di Belitung Timur, Bangka Belitung yang mulai 4 Agustus mendatang.

"Memang benar, sudah 30 provinsi yang telah menyatakan kesiapannya. Bahkan beberapa tim sudah berangkat dan transit sementara di Jakarta," kata Ketua Umum Basri Eddy Sofyan di Kantor Kemenpora Jakarta, Senin.

Menurut dia, tim yang sudah berangkat dan akan transit di Jakarta sebelum bertolak ke Belitung Timur di antaranya adalah Maluku Utara. Tim berikutnya yang juga akan transit di Jakarta dan akan melakukan persiapan di ibukota itu adalah Papua dan Papua Barat.

"Semua tim dari timur akan transit di Jakarta. Hari ini saja kami akan menjemput tim Maluku Utara. Yang jelas persiapan sudah berjalan dengan baik," katanya menambahkan.

Eddy Sofyan berharap empat provinsi yang belum mengirimkan timnya segera membuat keputusan. Keempat provinsi yang belum menyatakan kesiapannya adalah Sulawesi Barat, Yogyakarta, Maluku dan Kalimantan Tengah.

Keempat provinsi tersebut, kata dia, hingga saat ini masih terkendala anggaran. Padahal semuanya telah mempersiapkan diri termasuk dalam menentukan pemain dan official yang akan diberangkatkan ke Belitung Timur.

"Kami akan tunggu hingga besok, Selasa (28/7). Kami berharap 34 provinsi di Indonesia bisa mengirimkan wakilanya. NTT yang sebelumnya belum siap malah lebih dahulu menyatakan berangkat," kata Eddy menegaskan.

Liga Desa Indonesia 2015 yang akan memperebutkan Piala Menpora itu akan menggunakan format piala dunia. Tim yang ada akan terbagi dalam delapan grup. Dua klub teratas dalam babak penyisihan akan lolos ke babak kedua dengan menggunakan sistem knock out hingga final.

Masing-masing klub nantinya diperkuat oleh pemain dibawah usia 23 tahun. Hanya saja pihak panitia memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan tim menggunakan jasa tiga pemain yang usianya diatas 23 tahun.

Tidak hanya itu, Basri selaku penyelenggara kejuaraan juga memperbolehkan klub diperkuat pemain yang sudah bermain di klub level profesional hingga tim nasional asalnya sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

"Ilham Udin Armaiyn dikabarkan juga akan memperkuat tim Maluku Utara. Yang jelas sebelum bertanding kami akan melakukan verifikasi terhadap pemain yang turun pada kejuaraan nanti," kata Eddy Sofyan menerangkan. 

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015