Madrid (ANTARA News) - Komite Kontra-Terorisme Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membahas cara untuk mencegah orang melakukan perjalanan guna bergabung dan berperang untuk organisasi garis keras seperti Negara Islam (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) dalam pertemuan khusus yang berlangsung di Madrid, Spanyol.

Para ahli internasional berkumpul di Madrid pada Senin untuk menghadiri pertemuan teknis mengenai terorisme yang dibuka oleh Menteri Negara Urusan Keamanan dan Menteri Negara Urusan Luar Negeri Spanyol Francisco Martinez dan Ignacio Ibanez.

Perwakilan dari 70 negara dan organisasi inter-regional akan menghadiri pertemuan Selasa, yang akan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Jorge Fernandez Diaz dan Menteri Luar Negeri Jose Manuel Garcia-Margallo di Palacio del Pardo di Madrid.

Mereka akan membahas tiga masalah inti; penahanan, intervensi dan pencegahan perekrutan teroris petempur asing; cara mencegah mereka mencapai tujuan dan akhirnya: penilaian, penghukuman dan rehabilitasi terhadap mereka yang telah kembali dari medan tempur.

Komite Kontra-Terorisme PBB (Counter-Terrorism Committee/CTC) adalah organ Dewan Keamanan PBB dan pertemuan di Spanyol adalah yang pertama diadakan di luar New York sejak 2011, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015