Jakarta (ANTARA News) - Di tengah lesunya perekonomian Indonesia saat ini, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan, meminta pemerintah berani melakukan perubahan yang bisa memperbaiki keadaan.

Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto, menyebutkan, perubahan ini di antaranya mencakup revisi peraturan jika dalam implementasinya menemui kendala serius bagi kalangan nelayan dan pengusaha sektor kelautan dan perikanan.

"Pemerintah bisa memberikan paket stimulus yang konkret kepada nelayan dan pengusaha perikanan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi dari pemberlakuan peraturan tersebut," kata Yugi dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Selasa.

Di samping itu, lanjut dia, pemerintah juga bisa bermitra dengan swasta untuk membangun sentra perikanan beserta infrakstrukturnya, terutama di pulau-pulau yang berada di wilayah lumbung ikan Lalu, memperbanyak kapal pengangkut ikan untuk menunjang Sistem Logistik Ikan Nasional.

"Bahkan, evaluasi dan monitoring dari setiap kebijakan pemerintah harus dilakukan secara berkala melalui komunikasi intens dengan pelaku usaha perikanan dan kelautan," tutur dia.

Selain itu, lanjut Yugi, pemerintah juga perlu memberikan kelaikan berusaha dan permodalan bagi pelaku usaha di sektor kelautan perikanan.

"Saat ini, nelayan hanya ingin mencari sesuatu untuk perut mereka. Tujuannya agar tercipta efektifitas dan kesejahteraan masyarakat," pungkas dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015