Beijing (ANTARA News) - Pihak berwajib Tiongkok menunda operasi sebuah maskapai regional kecil di bagian timur negeri ini setelah terjadi aksi bakar dalam pesawat oleh seseorang yang membuat dua penumpang cedera.

Saksi mata bertestimoni kepada stasiun televisi CCTV bahwa seorang pria membakar tirai pesawat dan kertas koran di kabin kelas eksekutif pada penerbangan itu di tengah rute Taizhou - Guangzhou.

Si pembakar ini menumpang penerbangan Shenzhen Airlines dari Taizhou dengan membawa pisau, pemantik api dan bensin, padahal barang-barang seperti ini terlarang dibawa masuk ke kabin, lapor kantor berita Xinhua mengutip otoritas bandara dan saksi mata.

Penumpang dan awak pesawat melumpuhkan pria ini setelah dia berusaha menyalakan api ketika pesawat akan mendarat Minggu pagi itu.

Pihak berwenang lalu memecat dua pejabat penerbangan di Taizhou akibat insiden itu, sedangkan otoritas penerbangan sipil Tiongkok menutup bandara Taizhou hari ini.

Pemerintah sebelumnya pernah mengeluarkan daftar hitam bagi penumpang-penumpang nyeleneh setelah serangkaian kecelakaan yang melibatkan penumpang telah mengacaukan penerbangan, salah satunya adalah saat penumpang menyerang awak pesawat karena frustasi pesawat yang akan ditumpanginya mengalami keterlambatan terbang (delay).


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015