Jakarta (ANTARA News) - Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR RI) terus mematangkan persiapan sidang tahunan MPR RI yang akan digelar tanggal 15 Agustus 2015 mendatang.




Persiapan tersebut terlihat dari rapat pimpinan MPR RI bersama dengan pimpinan fraksi MPR RI dan DPD RI.




"Rapat gabungan sidang tahunan MPR dapat kami infokan dalam rangka penyampaian pidato lembaga-lembaga negara, bagaimana nanti (teknisnya)," kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan usai rapat  gabungan di GBHN Nusantara V, Jakarta, Rabu.




Rapat persiapan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Mahyudin dan Oesman Sapta Odang juga membahas run down acara.




“Rapat membahas masalah teknis rapat tahunan, mulai dari pembukaan, hingga penutupan termasuk membahas waktu yang diberikan setiap lembaga dalam penyampaian laporannya,” kata Ketua Umum PAN itu.




Untuk sidang tahunan MPR RI, Zulkifli mengatakan MPR RI memfasilitasi delapan lembaga tinggi negara untuk menyampaikan laporan atas kinerja masing-masing kepada rakyat Indonesia.




"MPR fasilitasi untuk sampaikan pidato pada rakyat Indonesia, bukan pada MPR RI apalagi pertanggungjawaban," ujarnya.




Diakui oleh Zulkifli, saat ini delapan lembaga yang akan menyampaikan laporan kinerja kepada masyarakat sudah mengkonfirmasi dan bersedia untuk melaporkannya.




Delapan lembaga tersebut adalah Pemerintah yang akan diwakili oleh Presiden Joko Widodo, MPR, DPR, DPD, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY). 


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015