Untuk anggaran, sepenuhnya dari pemerintah pusat"
Makassar (ANTARA News) - Tiga bendungan baru akan dibangun di Sulawesi Selatan yaitu Bendungan Pamakulu, Kabupaten Takalar, lalu Jenelata di Kabupaten Gowa dan Bendungan Posi, Kabupaten Selayar.

"Tiga bendungan baru ini, skalanya lebih kecil dibandingkan dengan tiga bendungan besar (Karangloe, Baliase, dan Paselloreng) yang kini sedang dalam tahap pembebasan lahan," kata Kepala Biro Pemerintahan Umum Provinsi Sulawesi Selatan Asmanto Baso Lewa saat ditemui di Makassar, Rabu.

Ketiga bendungan baru tersebut, kata dia, kini dalam tahap persiapan dokumen perencanaan.

"Khusus untuk Bendungan Pamukulu kini memasuki tahap pengajuan dokumen perencanaan, dan menurut informasi dari balai ( Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang) untuk Pamukulu sudah ada anggarannya," kata dia.

Untuk pembangunan Bendungan Pamukulu ini, menurut Asmanto, nantinya akan dibutuhkan lahan seluas 10 ha.

"Untuk anggaran, sepenuhnya dari pemerintah pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang Agus Setiawan mengatakan saat ini berdasarkan hasil analisis, terdapat total 13 bendungan yang berpotensi dibangun di Sulsel.

"Tiga diantaranya telah berproses tahun ini untuk dibangun, sedangkan sisanya masih tahap pembahasan," ujarnya.

Bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat ini, diapresiasi oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Syahrul mengatakan kehadiran bendungan ini dibutuhkan untuk mempertahankan luas panen padi di Sulsel yang mencapai satu juta ha per tahun.

"Ini penting agar over stock produksi padi dapat kita pertahankan," katanya.

Pewarta: Nurhaya J. Panga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015