Program ini merupakan program tercepat dan paling fleksibel bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat,"
Jakarta (ANTARA News) - Sekolah Sampoerna atau Sampoerna Schools memperkenalkan program baru yang mampu mempercepat meraih gelar sarjana dari Amerika Serikat yakni FASTRACKUSA.

"Program ini merupakan program tercepat dan paling fleksibel bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat," ujar Direktur Pemasaran Sampoerna Schools System, Fibriyani Elastria, di Jakarta, Rabu.

Program tersebut mempermudah dan menjamin para siswa yang berprestasi untuk mendapatkan gelar sarjana di Amerika Serikat, meski pendidikan awalnya ditempuh di Tanah Air.

"Program itu menggabungkan antara jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pendidikan tinggi," tambah Fibriyani.

Satuan Kredit Semester atau mata pelajaran yang diambil pada saat menempuh jenjang SMA sudah terakreditasi secara internasional oleh Southern Association of Colleges and Schools (SACS) sehingga memungkinkan satuan kredit semester tersebut dapat ditransfer ke berbagai universitas di Amerika Serikat. Dengan demikian, saat siswa lulus SMA akan memperoleh gelar "Associate Degree" yang diakui secara internasional.

Gelar tersebut ini memungkinkan siswa untuk memasuki tahun ketiga dan keempat perkuliahan di Sampoerna University, Jakarta atau masuk di salah satu dari 1.000 universitas terbaik di Amerika Serikat dan mendapat gelar sarjana dengan lebih cepat.

"Adanya program FASTRACKUSA, maka para siswa dapat mempercepat masa studi dari kurun waktu tujuh tahun menjadi lima tahun. Percepatan pendidikan akan dilakukan pada tingkat perguruan tinggi. Hal ini tentunya membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi jauh lebih murah," jelas dia.

Bagi siswa yang masuk ke Sampoerna University, Jakarta, terdapat pilihan program studi yaitu beberapa program studi teknik dan bisnis. Untuk program studi teknik, Sampoerna University bekerja sama dengan Louisiana State University, sedangkan program studi bisnis bekerja sama dengan Oregon State University, yang keduanya merupakan universitas ternama di Amerika Serikat.

"Kami percaya konsep ini akan diterima baik oleh masyarakat dan dapat dirasakan manfaatnya untuk anak-anak Indonesia. Tujuan kami adalah membekali siswa-siswi Indonesia dengan pendidikan berstandar internasional yang memungkinkan generasi muda memiliki pengetahuan keterampilan, dan pengalaman untuk bersaing di kancah global," jelas dia.

Program tersebut, sambung dia, terbuka bagi siswa dengan kemampuan akademis di atas rata-rata untuk dapat mulai mengambil kredit kuliah selama menempuh pendidikan tingkat menengah di Sampoerna Academy. Program ini juga membekali siswa dengan pembentukan karakter melalui pendidikan dengan pendekatan STEM yang fokus pada aspek kolaborasi, komunikasi, riset, mencari solusi, berpikir kritis, dan kreativitas.

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015