Pekanbaru (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Riau, mengungkapkan, jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di wilayah ini naik 10 persen seiring memburuknya kondisi udara ibu Kota Provinsi Riau itu akibat kebakaran lahan dan hutan.

"Jumlah penderita ISPA per hari ini 1.416 orang, ini masih normal belum signifikan nilainya hanya naik 10 persen," ungkap Kadiskes Pekanbaru Helda S. Munir di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Helda, cuaca Pekanbaru yang sebulan terakhir ini terus memburuk, belum berdampak besar terhadap kesehatan masyarakat.

Helda menganalisis masyarakat sudah mulai memahami bagaimana mengantisipasi dan menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem dan kabut asap dengan banyak mengkonsumsi air, makan sayur dan buah-buahan.

Karena fenomenal kabut asap sudah jadi langganan warga Pekanbaru setiap tahun sehingga tahun ini peningkatan penderita ISPA tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

"Data yang kami himpun dari seluruh Puskesmas yang ada di Pekanbaru, jumlah pasien yang berobat saat ini mencapai 1.677 orang dengan berbagai jenis penyakit," terang dia.

Pewarta: Netty Mindrayani/Vera Lusiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015