Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo ditutup naik 1,08% pada Kamis, didorong oleh pelemahan yen dan reli lain di Wall Street, setelah Federal Reserve tetap optimis tentang ekonomi Amerika Serikat.

Indeks acuan Nikkei 225 naik 219,92 poin menjadi 20.522,83, sementara indeks Topix dari seluruh saham papan utama bertambah 0,81 persen atau 13,27 poin menjadi 1.647,21.

Saham-saham pengekspor terangkat karena dolar naik menjadi 124,19 yen dari 123,91 yen di New York, sementara para pedagang disemangati oleh kenaikan kedua berturut-turut di pasar saham AS. Dow ditutup 0,69 persen lebih tinggi pada Rabu, sementara indeks berbasis luas S&P 500 naik 0,73 persen.

Para pembuat kebijakan Fed mengatakan ekonomi utama dunia (AS) telah berkembang "secara moderat" dalam beberapa bulan terakhir dan pasar pekerjaan menguat, meskipun juga mencatat beberapa pelemahan dalam investasi bisnis dan ekspor.

Mereka tidak memberikan petunjuk baru tentang kapan mereka akan menaikkan suku bunganya, yang secara luas diperkirakan pada akhir tahun ini.

Pernyataan Fed "seperti dibayangkan", Mitsushige Akino, kepala eksekutif di Ichiyoshi Asset Management, mengatakan kepada Bloomberg News.

"Selama ekonomi AS terus tumbuh secara moderat, pasar akan diperdagangkan dengan harapan suku bunga lebih tinggi. Yang mereka lihat ekonomi AS secara bertahap berkembang akan menjadi kenyamanan" untuk investor, katanya.

Data PDB kuartal kedua akan dirilis pada Kamis, dengan para ekonom mengharapkan pemulihan dari tiga bulan sebelumnya kontraksi 0,2 persen.

Investor juga optimis tentang laba perusahaan Jepang ketika lebih dari 500 perusahaan melaporkan hasil kuartalan terbaru mereka pada Kamis dan Jumat, mewakili hampir sepertiga dari semua perusahaan di indeks Topix.

Saham konglomerasi industri Hitachi melonjak 6,51 persen menjadi 784,6 yen setelah laba bersih kuartal pertamanya tumbuh 31 persen karena penjualan yang lebih tinggi.

Saham Nintendo melonjak 8,26 persen menjadi 22.195 yen karena perusahaan videogame itu berayun ke keuntungan bersih 67 juta dolar AS dalam tiga bulan sampai Juni, membalikkan kerugian di periode yang sama tahun lalu.

Namun demikian, saham Panasonic jatuh 5,79 persen menjadi 1.447,5 yen karena raksasa elektronik konsumen itu mengatakan setelah pasar ditutup pada Rabu bahwa laba usahanya untuk periode April-Juni turun tipis tujuh persen.

Sony ditutup turun 2,04 persen pada 3.585 yen sebelum mengumumkan laba bersih April-Juni lebih dari tiga kali lipat menjadi 664 juta dolar AS dan mempertahankan proyeksi labanya untuk setahun penuh tidak berubah, demikian AFP melaporkan.

(A026/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015